28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

Rektor USU Dilantik Sebagai Anggota Dewan Kehormatan PMI Sumut

Medan, MISTAR.ID

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Dr (HC) Drs HM Jusuf Kalla (JK) melantik Rektor USU Dr Muryanto Amin sebagai Anggota Dewan Kehormatan PMI Sumatera Utara (Sumut) periode 2021-2026 di Aula T Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Senin (25/10/21).

Acara seremoni pelantikan dewan kehormatan dan pengurus PMI Sumut tersebut turut dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Mou) antara PMI dengan organisasi masyrakat, pemerintah sekolah dan perguruan tinggi, salah satunya Universitas Sumatera Utara (USU).

Jusuf Kalla dalam pidato sambutannya mengatakan, hanya tiga organisasi yang kantornya tidak pernah disebut kantor, tapi disebut markas. Salah satunya PMI. Apa bedanya? Kalau kantor ada jam kerja, tapi kalau markas itu 24 jam.

Baca juga:Rektor USU Samakan Persepsi Kemajuan Universitas dengan Pimpinan Prodi

“Markas PMI terbuka 24 jam. Bencana kapanpun PMI harus siap, orang butuh darah kapan saja PMI harus siap. Itulah tugas PMI membantu masalah masyarakat, membantu masyrakat yang kesulitan. Membantu masyarakat dalam hal menangani bencana. Siap membantu orang,” katanya.

JK mengatakan, dalam kehidupan ini tentu isinya tidak bahagia saja, namun juga ada kesedihan. Ada juga kesedihan yang panjang, di situlah tugas PMI. “Hadir untuk membantu masyarakat mengurangi beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah dan kesedihan,” ujarnya.

Ketua PMI Sumut Dr H Rahmat Shah mengatakan, hingga saat ini PMI bekerjasama dengan TNI dan Polri masih terus mengatasi penanggulangan bencana erupsi Sinabung. Masih banyak masyarakat yang terdampak erupsi dan PMI Sumut sampai sekarang masih siap sedia mengangkut air dan ambulance masih standby.

“PMI juga sampai saat ini terus mendamaikan berbagai pihak yang sengketa. Kehadiran Bapak JK sebagai juru damai diharapkan mampu mendamaikan pihak-pihak yang bersengketa. PMI juga hadir untuk menanggulangi Covid-19, membantu perbaikan gizi masyarakat dan lain sebagainya,” ujarnya.

PMI Sumut, imbuhnya, pada hari ini juga melakukan penandatanganan MoU dengan organisasi masyarakat dan tujuh perguruan tinggi. “Melalui kerja sama ini, PMI Sumut pernah mendapat rekor Muri sekaitan dengan donor darah terbanyak untuk pemula yang dilakukan oleh para siswa dan siswi kita,” katanya.

Baca juga: Rektor USU Samakan Persepsi Kemajuan Universitas dengan Pimpinan Prodi

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, penandatanganan kerja sama antara USU dengan PMI memperkokoh kolaborasi dalam bidang kemanusiaan dan penanganan konflik.

“USU akan berperan aktif mengirimkan mahasiswa dan dosen dalam tanggap kebencanaan dan konflik yang terjadi di Sumatera Utara,” ujarnya.

Muryanto menegaskan, kerja sama ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat USU terkait dengan penanganan bencana kemanusiaan serta akan berkontribusi dalam kegiatan amal seperti donor darah dan lain sebagainya. (ial/hm06)

 

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: