30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Potensi Tingkatkan PAD, DPRD Minta OPD Fokus Dukung Program Wali Kota Medan

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik meminta seluruh OPD jajaran Pemko Medan fokus mendukung program Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, dalam pengembangan berbagai destinasi wisata di Kota Medan.

Di mana, menjadikan Kota Medan sebagai wisata sejarah, kesehatan dan kuliner akan mampu meningkatkan sektor perekonomian.

“Kota Medan miliki potensi yang cukup besar, oleh sebab itu harus kita dukung dalam pengembangan wisata tersebut,” ujar Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan itu, Jumat (5/8/22).

Baca Juga:Pemko Medan Bangun Pola Pikir Masyarakat dan Nilai Ekonomi Berbasis Sampah

Dikatakan Haris, seluruh OPD Pemko Medan harus mampu berinovasi dan melakukan kolaborasi dengan pihak mana pun guna peningkatan wisata di Kota Medan.

“Banyak sektor wisata yang sangat berpotensi dibenahi lebih bagus. Jika terealisasi, tentu akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor pariwisata,” katanya.

Menurut Haris, ada beberapa destinasi wisata yang memiliki potensi besar, seperti bangunan sejarah di kawasan Lapangan Merdeka, dan Maha Vihara Maitreya yang merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara, serta Kuil Shri Mariamman yang merupakan kuil Hindu tertua yang dibangun 1884.

Baca Juga:Menuju Sistem Transportasi yang Baik, Pemko Medan Terima Dokumen Rekomendasi dari ITDP Indonesia

“Begitu juga Graha Maria Annai Velangkanni yang merupakan gereja umat Katolik India Tamil pada abad 19. Rumah Tjong A Fie yang memiliki arsitektur Eropa dan Tiongkok, serta Mesjid Raya Al Mashun yang dibangun 1906 dan rampung 1909. Belum lagi situs sejarah China di Danau Siombak Medan Marelan,” bebernya.

Untuk itu, Dinas Pariwisata Kota Medan diharapkan bisa berkolaborasi dengan OPD lain atau pihak swasta agar dapat mengembangkan destinasi wisata tersebut.

“Kita juga berharap masyarakat khususnya pengelola bangunan saat ini dapat mendukung program Pemko Medan,” terangnya.

Baca Juga:Aparat Pemko Medan Arogan, PKL Medan Denai Ngadu ke Dewan

Terkait pengembangan wisata kuliner, Dinas Koperasi UKM Kota Medan harus fokus pengembangan kuliner khas makanan daerah Medan.

“Pengawasan dan pembinaan dari dinas kesehatan harus maksimal. Lalu mensosialisasi kepada rumah sakit milik Pemko Medan, puskesmas dan seluruh pihak rumah sakit swasta agar mendukung program Pemko Medan sehingga mampu meningkatkan pelayanan kesehatan,” tuturnya.(rahmad/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: