30 C
Medan
Saturday, July 24, 2021

Kembali, Lapas Siantar Mendapat 7 Bal Lemparan Narkoba dari Luar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pematangsiantar kembali mendapat lemparan narkoba di dalam lapas. Temuan itu terjadi pasca Orang Tidak Dikenal (OTK) melempar narkoba dari luar hingga masuk ke dalam lapas.

Penemuan narkoba jenis ganja dan sabu yang dibungkus dalam pelastik kresek oleh petugas jaga berlangsung pada Selasa (20/7/21) dini hari, sekira pul 05.00 WIB. Kejadian penemuan narkoba tersebut pun, merupakan kejadian yang kedua kalinya. Antara bulan Juni dan Juli 2021. Hanya saja siapa pelakunya hingga saat ini belum juga terungkap.

“Awalnya petugas yang berjaga di Pos manara mendengar suara mencurigakan di seputaran tembok lapas. Saat dicek dari Pos manara dengan senter, ada ditemukan plastik kresek berwarna biru. Lantas, petugas Pos manara melaporkannya,” ujar Daniel Sitindaon Humas Lapas Klas II A Pematangsiantar, Rabu (21/7/21).

Baca juga: Program 100 Hari Kapolres, Satnarkoba Siantar Amankan 53 Pengedar, 3 Wanita

Pasca temuan itu dilaporkan, petugas lapas lainnya berupaya mencari siapa yang melempar narkoba itu dari luar lapas dengan menggunakan senter. Namun karena situasi di luar tembok kurang pencahayaan pelaku pelemparan tersebut tidak terlihat.

“Setelah dilaporkan kepada Kalapas. Kalapas minta untuk dipantau siapa yang akan menjemput barang mencurigakan itu, tapi sampai pukul 10.00 pagi tidak ada yang menyentuh atau mengambilnya,” ujar Daniel kembali seraya mengatakan, atas perintah Kalapas temuan narkoba itu segera dilaporkan ke Satuan Narkoba Polres Simalungun.

Dari hasil pemeriksaan petugas Lapas dan Satnarkoba Polres Simalungun terdapat 7 bal ganja dan 5 bungkus besar narkotika jenis sabu-sabu. Narkoba yang dilempar ke dalam lapas berjumlah banyak dan saat ini telah dibawa ke Polres Simalungun guna dilakukan penyelidikan.

Baca juga: Tawuran Warga Antar Gang di Belawan Pecah, Samurai Diseret di Jalan Raya

Sementara itu, Kalapas Klas II A Pematangsiantar, Rudi fernando Sianturi menyampaikan, kejadian pelemparan narkoba dari luar ke dalam merupakan kejadian yang kedua kalinya seperti di bulan Juni 2021. Namun sangat disayangkan belum dapat mengetahui siapa barang tersebut akan di tuju dan siapa pelaku pelemparan narkoba tersebut.

“Arahan dari Direjen Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sumut agar memperketat pengawasan dan menggeledah barang dan orang yang akan lewat P2U di setiap lapas,” ucap Kalapas Klas II A Pematangsiantar Rudi fernando Sianturi.

Tambah Rudi kembali, selaku Kalapas dirinya sudah memberi penguatan dan perintah kepada petugas pengamanan khusunya petugas pintu utama (P2U) agar lebih meningkatkan pemeriksaan dan penggeledahan.

“Dengan pengawasan ketat, hal itu pun disadari oleh oknum yang belum diketahui, sehingga melakukan upaya memasukan narkoba dengan cara pelemparan tersebut,” pungkasnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi terkait penemuan narkoba jenis ganja dan sabu-sabu di dalam Lapas Klas II Pematangsiantar dan Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Hadi Haryono membenarkannya, sampai saat ini sejak penemuan pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Kita masih selidiki bang, narkoba itu dibungkus pakai plastik kresek. Dilempar dari luar,” kata Hadi Hariono dihubungi, Rabu (21/7/21). AKP Hadi Haryono mengaku masih fokus untuk penyelidikan.

“Kalau untuk itu (keterlibatan orang dalam) kurang tahu, gak bisa disebut gitu. Kita masih penyelidikan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, aksi penyelundupan narkoba ke Lapas Klas II A Siantar kerap kali terjadi. Sebelum temuan kali ini, pihak lapas sebelumnya juga menemukan 8 bal ganja kering yang dilemparkan ke dalam lapas dari luar, kejadi itu pun terjadi pada Sabtu (19/6/21) subuh.

Kejadian penyelundupan narkoba dengan cara dilempar dari luar ke dalam Lapas Klas II A Pematangsiantar tidak kali ini saja terjadi, tahun sebelumnya pun juga pernah terjadi. Hanya saja, dari sekian pelemparan narkoba ke dalam lapas tidak pernah terungkap. (Hamzah/hm06)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,869FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

%d bloggers like this: