22.8 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Jelang PON Papua, Atlet Sumut Akan Jalani Pemusatan Latihan di Asrama Haji

Medan, MISTAR.ID

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut menjadwalkan akan melakukan pemusatan latihan atlet Sumut yang akan berlaga di PON XX Papua, bertempat di Asrama Haji Jalan AH Nasution, Sabtu (3/7/21) mendatang.

“Kita sudah masuk ke agenda Platda penuh. Sabtu nanti seluruh atlet akan kita pusatkan latihan di Asrama Haji Medan. Di sana pemusatannya, tapi latihannya tetap di sentra pelatihan masing-masing,” ujar Ketua KONI Sumut John Ihmadi Lubis ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/7/21) sore.

John mengatakan, para atlet ‘dikandangkan’ di sana untuk kebersamaan, sekaligus membangun jiwa korsa atlet kontingen Sumut menuju PON Papua. Dengan pemusatan latihan itu, kata John, para atlet akan didampingi secara penuh.

Baca juga: Kejari Siantar Hentikan Kasus KONI Sebab Tak Ada Ditemukan Kerugian Negara

“Selam ini kita hanya kontrol melalui daring. Jadi setelah dikumpulkan, kita bisa kontrol pola latihan sampai ke kebutuhan makanan. Gizinya kita pertimbangkan dan perhitungkan, bahkan kita siapkan ahli gizi seorang profesor. Yang paling diperhatikan itu kalori para atlet,” katanya.

Pemusatan latihan nanti, kata John, akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Mulai dari menyediakan hand sanitiezer, menyedikan cuci tangan, kemudian menjaga jarak. Termasuk juga mekanisme makan akan dilakukan secara ketat, tidak ada atlet dan official yang membuka masker.

Baca juga: Dua Pemain Baru Mulai Bergabung, PSMS Bertolak ke Aceh Lakoni Laga Uji Coba

“Kalau izinnya kita sudah dapat dari Satgas Covid-19 Sumut seminggu lalu. Ada pengawasnya, kita tidak mau pemusatan latihan ini akan menjadi kluster baru,” pungkasnya.

Sekadar informasi, sebanyak 197 atlet asal Sumatera Utara (Sumut) akan diberangkatkan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan dihelat pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Sumut sendiri akan mengikuti 28 cabang olahraga (cabor). Adapun cabor yang diprediksi mendulang medali untuk kategori individu diyakini datang dari cabang olahraga beladiri, seperti Tinju, Karate dan Wushu.

Diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan tetap dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 di Papua.

Tata cara pelaksanaan juga terus dikaji. Termasuk di dalamnya opsi tentang pelaksanaan PON tanpa penonton, penyediaan kapasitas penonton hanya sebagian, atau tetap dilaksanakan secara normal. (ial/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: