23.3 C
Medan
Saturday, November 27, 2021
spot_img

Dinkes Pastikan Covid-19 Varian MU Belum Ditemukan di Medan

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Kota Medan memastikan belum menemukan varian Covid-19 terbaru yang bernama MU. Varian baru virus corona ini disebut tujuh kali lebih kuat dalam mengatasi antibodi tubuh yang dihasilkan dari vaksinasi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Mardohar Tambunan mengaku, bahwa di Kota Medan belum ditemukan varian MU.

“Sampai sekarang Covid-19 varian MU itu belum bisa kita pastikan. Saya sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, mereka bilang tidak ada,” kata Mardohar, Kamis (14/10/21).

Baca Juga:Kemenkes Waspadai Penyebaran Varian Mu di Asia Tenggara

Menurut dia, saat ini varian Covid-19 yang sudah ditemukan adalah varian Delta. Varian ini, katanya, lebih berbahaya dibandingkan dengan varian MU jika ada di Kota Medan.

“Yang ada Delta, kalaupun ada varian MU tapi tidak lebih bahaya dari Delta,” ucap Mardohar.

Disinggung kabar adanya warga Medan yang wafat diduga disebabkan Covid-19 varian MU karena mengalami gejala yang bercirikan varian tersebut, Mardohar menyatakan, pihaknya belum bisa memastikan.

Baca Juga:Varian Delta Mendominasi Kasus Covid-19 di Tanah Air Termasuk Sumut

“Sejauh ini memang belum ada temuan kasus untuk varian itu,” sebutnya. Untuk diketahui, varian MU pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada bulan Januari.

Lalu, mewabah di Amerika Selatan, Eropa, dan Amerika Serikat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendaftarkan dan menjadikan varian ini perhatian, karena dikhawatirkan varian tersebut bisa membuat vaksin dan perawatan menjadi tidak efektif. Namun, untuk membuktikan kekhawatiran ini masih diperlukan banyak bukti.(saut/hm10)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: