31.7 C
Medan
Monday, July 4, 2022
spot_img

Cegah Longsor, Dinas PU Bangun Tanggul di TPU Kristen Simalingkar B Medan

Medan, MISTAR.ID

Guna mencegah longsor kembali terjadi, Dinas Pekejaan Umum (PU) Kota Medan membuat tanggul setinggi 6 meter di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan.

Dinas PU melalui UPT Operasional Pemeliharaan Jalan dan Drainase (OPJD) Medan Selatan menurunkan sebanyak 12 petugas. Selain menggunakan alat manual berupa cangkul, sekop dan jarum jahit, Dinas PU juga menurunkan alat berat berupa ekskavator untuk memperlancar pekerjaan mengatasi dampak longsor di pemakaman khusus Covid-19 tersebut.

Para petugas UPT OPJD Medan Selatan ini membangun tanggul dengan menggunakan kantong berisi pasir (sandbag). Tanggul yang dibangun setinggi enam meter dan ditempatkan pada lokasi longsor yang panjangnya mencapai 50 meter.

Baca Juga:Tembok Pembatas di TPU Kristen Simalingkar B Segera Dibangun

“Tanggul ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kembali erosi di bibir sungai akibat arus Sungai Babura,” kata Kadis PU Topan Obaja Putra Ginting, Sabtu (21/5/22).

Dikatakan Topan, dalam pengerjaan ini, pihaknya berkolaborasi dengan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II.

“Dalam kolaborasi ini, pihak BWSS menyediakan sandbag geotextile dan pipa galvanis. Semoga longsor tidak kembali terjadi,” ungkapnya. (rahmad/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: