26.7 C
Medan
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Bahas Penanganan Banjir di Medan, Bobby Nasution Begadang Pimpin Rapat Bersama BWSS II Sumatera

Medan, MISTAR.ID

Mengatasi masalah banjir menjadi salah satu beban dan tanggungjawab berat bagi Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Hal ini terlihat dari rapat penanganan banjir yang digelar Bobby bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II yang berlangsung hingga larut malam.

Menantu Presiden RI, Joko Widodo itu terpaksa harus begadang hingga larut malam memimpin rapat guna menuntaskan persoalan banjir di Kota Medan.

Wali Kota Medan dalam rapat itu mengatakan, Pemko Medan siap mendukung Balai BWS Sumatera II dalam optimalisasi penanganan banjir di Kota Medan. Selain dari sisi pekerjaan, Pemko Medan juga siap mengalokasikan anggaran jika dibutuhkan agar penanganan masalah banjir bisa berjalan lancar.

Baca Juga: Dinas PU Medan dan BWSS II Sumatera Kolaborasi Atasi Banjir

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menerima kunjungan Kepala BWS Sumatera II Mohammad Firman beserta jajaran di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jalan Sudirman Medan, Jum’at (24/6/22) malam.

“Kami harap kerjasama yang sudah terjalin semakin kolaboratif,” kata Bobby Nasution didampingi Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Kepala Bappeda Benny Iskandar, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Topan OP Ginting dan Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan Endar Sutan Lubis.

Bobby mengatakan, pertemuan yang dilakukan bertujuan untuk evaluasi penanganan banjir. Terlebih, beberapa hari lalu Kota Medan juga diguyur hujan dengan durasi yang cukup lama dan intensitas yang cukup tinggi. Oleh karenanya, Bobby Nasution ingin evaluasi dilakukan agar diketahui titik mana saja yang perlu untuk dibenahi.

Baca Juga: Atasi Permasalahan Banjir di Medan, Normalisasi Drainase Berkelanjutan Harus Konsisten

“Kemarin Kota Medan diguyur hujan deras di atas 3 jam. Untuk itu kita lakukan evaluasi. Alhamdulillah, kawasan Lapangan Merdeka kita lihat tidak ada genangan, namun beberapa titik masih dilanda banjir. Inilah yang perlu sama-sama kita fokuskan terutama dalam pembagian kerja, mana yang jadi tugas Pemko Medan dan BWS Sumatera II Medan,” tegasnya.

Salah satu yang menjadi titik fokus Bobby Nasution yakni Jalan Dr Mansyur yang masih kerap tergenang air. Untuk itu, pengorekan atau normalisasi Sungai Sei Sikambing harus secepatnya dilakukan.

“Hal-hal apa saja yang perlu kita kolaborasikan, kami siap. Termasuk yang menyangkut kondisi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai. Karena kita ingin penanganannya berjalan optimal. Apapun yang jadi tanggungjawab kami, akan kami tangani. Kami juga berharap BWS Sumatera II bisa memberikan rekomendasi titik mana saja yang krusial. Jadi sama-sama kita tangani persoalan banjir ini sesuai kewenangan tugas,” pungkasnya.

Baca Juga: Lahan Pekuburan Banjir di Medan Labuhan, Dinas PU Diminta Prioritaskan Perbaikan Tanggul

Sementara itu, Kepala BWS Sumatera II Mohammad Firman juga mengaku, pihaknya telah diingatkan oleh Ditjen terkait banjir di Jalan Dr Mansyur.

“Kita akan lakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir. Normalisasi Sungai Sei Sikambing ini jadi salah satu bentuk penanganannya,” bilang Firman.(rahmad/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: