32 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Atasi Banjir, Dinas PU Bersihkan Saluran MUDP Medan Denai

Medan, MISTAR.ID

Mengalami pendangkalan dan penyumbatan akibat sedimentasi, Dinas PU Kota Medan melalui Tim Drainase UPT OPJD Wilayah Kota membersihkan saluran drainase Medan Urban Development Project (MUDP) di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai.

Pekerjaan ini pun diharapkan dapat melancarkan aliran air ke sungai sekaligus mengatasi persoalan banjir di kawasan tersebut.

Data dari Dinas PU menunjukkan, pekerjaan penanganan persoalan drainase MUDP setinggi 2,5 meter di Jalan Menteng Raya Kelurahan Binjai ini dilakukan pada dua titik lokasi.

Baca juga:3 Kuil di Medan Langganan Banjir, Bobby Janji Segera Atasi

Titik pertama mulai dari Jalan Anugerah Mataram sampai dengan Sungai Denai. Di lokasi ini terjadi penyumbatan sepanjang 80 meter di sisi Utara dan 80 meter di sisi Selatan. Sedangkan tinggi sedimentasi mencapai 80-90 cm.

“Pekerjaan di titik lokasi pertama berlangsung selama 33 hari. Kendala yang kita alami karena jauhnya jarak antar manhole yang mencapai lebih kurang 40 meter, sehingga oksigen yang masuk kurang. Setelah dilakukan pembongkaran, akhirnya bisa kita selesaikan,” kata Kadis PU Topan OP Ginting dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (14/5/22).

Dikatakan Topan, titik lokasi kedua mulai dari Sungai Percut sampai dengan Jalan Anugerah Mataram (Kantor Lurah Binjai).

“Di titik ini terjadi penyumbatan sepanjang 245 meter di sisi Utara dan 55 meter di sisi Selatan. Sedangkan tinggi sedimentasi mencapai 170 cm. Dalam pekerjaan ini juga dilakukan pelebaran pintu saluran MUDP dengan ukuran 2,2 meter X 1,9 meter dan pembuatan pintu saluran baru menuju Sungai Percut berukuran 2,2 meter X 1,8 meter,” jelasnya.

Baca juga:Langganan Banjir, Saluran Drainase 3 Lokasi di Medan Segera Dibongkar

Lanjutnya, pengerjaan di titik kedua ini juga memakan waktu selama 33 hari. Pengerjaan di titik kedua ini berhasil menangani persoalan banjir dan genangan air di Jalan Selamat Ujung, Jalan Harapan Pasti, Jalan Syahruddin, Jalan Sederhana (Kompleks Pemda), Jalan Saudara Ujung, Jalan Air Bersih Ujung Gang Mestika, Jalan Mangga Dua, Jalan Anugerah Mataram dan Jalan Menteng Raya.

“Kita berkolaborasi dengan Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran untuk pengerahan mobil pemadam kebakaran. Penyemprotan air bertekanan tinggi ini dilakukan untuk membantu menghancurkan sedimentasi yang sudah mengeras dan tebal,” tutupnya. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: