30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Protes Atas Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe, Seorang Pria Bakar Diri Dekat Kantor PM Jepang

Tokyo, MISTAR.ID

Seorang pria dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tidak sadarkan diri setelah membakar dirinya di dekat kantor Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada Rabu (21/9/22). Demikian menurut pernyataan media setempat meski rincian awal insiden itu sangat minim karena kantor polisi dan perdana menteri menolak berkomentar.

TV Asahi mengatakan, pria itu membakar dirinya sendiri setelah memberi tahu polisi bahwa dia menentang rencana pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Shinzo Abe yang terbunuh. Stasiun televisi mengatakan seorang petugas polisi yang mencoba memadamkan api terluka dalam proses tersebut.

Kantor berita Kyodo dan outlet lainnya mengatakan, polisi dipanggil ke tempat kejadian setelah laporan seorang pria “dilalap api”. Dikatakan, sebuah catatan ditemukan di dekat pria itu yang mengungkapkan penentangannya terhadap pemakaman.

Baca Juga:Ribuan Warga Jepang Membungkuk ke Mobil Jenazah Shinzo Abe

Laporan dibuat sekira pukul 06.50 pagi ketika pria itu membakar dirinya sendiri di distrik Kasumigaseki di bangsal Chiyoda di Tokyo, kata Kyodo. Beberapa kantor kementerian kabinet terletak di distrik Kasumigaseki, termasuk tempat kerja resmi dan kediaman Perdana Menteri Jepang. Kyodo menambahkan bahwa beberapa vegetasi dibakar tanpa merusak bangunan di sekitarnya.

Abe, perdana menteri terlama di Jepang, ditembak mati pada 8 Juli 2022 saat berkampanye. Pemakaman kenegaraan yang didanai publik untuk menghormatinya akan diadakan pada 27 September 2022 yang akan dihadiri sekitar 6.000 orang dari Jepang dan luar negeri.

Tetapi penentangan terhadap acara tersebut telah berkembang kuat karena pengungkapan pembunuhan Abe atas hubungan antara Partai Demokrat Liberal yang berkuasa dan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Tersangka dalam kematian Abe mengatakan gereja telah membuat ibunya bangkrut dan dia merasa mantan perdana menteri mendukungnya.

Baca Juga:Shinzo Abe Terbunuh, Kampanye Pemilu Jepang Tetap Berlanjut

Mayoritas orang Jepang sekarang menentang pemakaman tersebut dengan protes yang direncanakan menjelang upacara dan hari pemakaman. Dan ini telah membuat dukungan Perdana Menteri Fumio Kishida saat ini terjun.(channelnewsasia/hm15)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Dukung Program Tanam Cabai, Cabdis Siantar Terapkan Chili Goes to School

Pematang Siantar, MISTAR.ID Pencanangan gerakan menanam cabai Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi disambut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara dengan menyerukan seluruh pelajar dan satuan...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: