29 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

Malaysia Bawa Pulang 15 Korban Kejahatan Dunia Maya Kamboja

Kuala Lumpur, MISTAR.ID

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan pihak berwenangnya telah menyelamatkan 15 korban dugaan kejahatan dunia maya di Kamboja saat pemerintah meningkatkan upaya untuk membantu ratusan warganya yang terjebak operasi serupa di seluruh Asia Tenggara.

Penyelamatan para korban yang tiba di Kuala Lumpur pada Selasa (20/9/22), terjadi di tengah penggerebekan minggu ini terhadap kejahatan dunia maya yang diduga memperdagangkan orang ke negara itu untuk bekerja di pusat-pusat perjudian dan penipuan ilegal.

Dalam sebuah pernyataan, Rabu (21/9/22) malam, Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan telah menerima 301 laporan tentang orang-orang yang terjebak oleh jaringan penipuan pekerjaan di Kamboja, serta di Laos, Myanmar dan Thailand.

Baca Juga:Pemberangkatan Pekerja Migran Ilegal Meningkat di Tahun 2022

Dari jumlah tersebut, 168 orang telah diselamatkan, 34 ditahan di detensi imigrasi dan 99 lainnya masih dilacak, katanya.

Para korban pemerasan mengatakan mereka terpikat ke Kamboja dengan janji pekerjaan bergaji tinggi di kasino dan hotel, tetapi malah dipaksa untuk tinggal di kompleks dan menipu pengguna online dengan romansa internet dan skema mata uang kripto.

Pihak berwenang Kamboja mengatakan mereka telah menemukan bukti perjudian ilegal, kurungan dan penyiksaan ilegal, prostitusi, kepemilikan senjata ilegal, pencucian uang, dan perdagangan manusia di salah satu kompleks.(channelnewsasia/hm15)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Kota Medan Tertinggi Komunitas LSL yang Terpapar HIV/AIDS

Medan, MISTAR.ID Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Sumut Ikrimah Hamidy mengatakan, mendominasinya persentase kasus penularan HIV/AIDS di komunitas Lelaki Suka Lelaki (LSL) lantaran perilaku...
MotoGP akan Balapan di India Mulai 2023

MotoGP akan Balapan di India Mulai 2023

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: