26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

Kematian Anak Akibat Covid-19 di Indonesia Tertinggi Sedunia

Jakarta, MISTAR.ID

Walau virus corona secara umum lebih berbahaya kepada orang denga usia lanjut, namun di Indonesia ratusan anak diyakini meninggal akibat Covid-19.

Tingginya angka kematian anak di Indonesia akibat Covid-19 itu menjadi sorotan South China Morning Post (SCMP).

Beberapa faktor yang mendasari itu, kata dokter anak dan pejabat kesehatan di Indonesia, karena kekurangan gizi, anemia, dan fasilitas kesehatan anak yang tidak memadai.

“Covid-19 membuktikan bahwa kita harus berjuang melawan malnutrisi,” kata Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk Covid-19.

Dia mengatakan anak-anak Indonesia terperangkap dalam “lingkaran setan”, siklus kekurangan gizi dan anemia yang meningkatkan kerentanan mereka terhadap virus korona.

Baca juga: Mengungkap Penyebab Tingginya Angka Kematian Covid-19 di Negara Maju

Sejak mengumumkan kasus virus corona pertamanya pada bulan Maret, Indonesia telah mencatat 2.000 kematian, tertinggi di Asia Tenggara.

“Sebanyak 715 orang di bawah 18 tahun mengidap virus corona, sementara 28 orang meninggal,” menurut dokumen kementerian kesehatan tertanggal 22 Mei.

Laporan ini juga mencatat lebih dari 380 kematian di antara 7.152 anak-anak yang diklasifikasikan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Bahkan angka resmi untuk anak-anak yang telah meninggal karena virus corona, pada 28 Mei menunjukkan sebesar 2,1 persen dari kematian. Angka tersebut berada di bawah Amerika Serikat di mana mencatat 0,1 persen dari kematian orang di bawah 24 tahun karena virus corona.

Di Brasil, jumlah kematian di bawah usia 19 tahun akibat Covid-19 hanya berkisar 1,2 persen. Di Filipina, kematian berusia di bawah 19 sekitar 2,3 persen dari jumlah virus corona.(suara/hm03)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: