25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Duh! 3 Negara Tetangga Indonesia Deteksi Varian Omicron

Kuala Lumpur, MISTAR.ID

Keberadaan varian Covid-19 Omicron makin mengkhawatirkan. Virus ini pertama kali terdeteksi di Botswana, Afrika, kini sudah melintas ke berbagai negara. Bahkan varian itu sudah mendeteksi sejumlah negara tetangga Indonesia.

Penyebaran varian itu, kini menjadi ancaman baru bagi dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memasukkan varian Omicron ke dalam kategori varian of concern atau varian yang mengkhawatirkan.

Badan tersebut juga menyatakan varian Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dibanding varian lain dan dapat memicu reinfeksi atau infeksi ulang Covid-19.

Baca Juga:Cegah Omicron, Gubsu Ingatkan Kepala Daerah Antisipasi Masuknya WNA Ilegal

Berikut sejumlah negara tetangga Indonesia telah mendeteksi varian Omicron sepekan ini.

1. Malaysia
Malaysia mendeteksi kasus pertama Omicron pada Jumat (3/12/21). Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaludin, mengatakan kasus pertama berasal dari pendatang yang baru datang dari Afrika Selatan. Pendatang itu tiba di Singapura pada 19 November lalu, menurut laporan Reuters.

Khairy mengatakan, sejauh ini ada delapan orang yang sedang dalam pemantauan karena menjalin kontak erat dengan pasien yang terpapar Omicron. “Delapan orang kontak erat dengan pasien Covid-19 varian Omicron yang akan menjalani tes PCR-swab hari ini,” ujar Khairy seperti dikutip media, Sabtu (4/12/21).

2. Singapura
Sebelum Malaysia, Singapura lebih dulu mendeteksi dua kasus varian Omicron pada Kamis (2/12/21).
Kedua pasien yang terinfeksi varian itu disebut memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Mereka berangkat dari Johannesburg, Afrika Selatan, menggunakan pesawat Singapore Airlines pada Rabu (1/12/21).

Setibanya di Bandara Internasional Singapura, mereka menjalani tes swab PCR. Mereka lalu menjalani karantina khusus di Home-Notice sembari menunggu hasil. Lalu pada Kamis (2/12/21) mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Kini kedua pasien itu dilaporkan tengah dirawat di ruang isolasi Pusat Penyakit Menular Nasional (NCID) Singapura.

Baca Juga:Spanyol Temukan Kasus Lokal Pertama Covid-19 Omicron

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) langsung melakukan penelusuran kontak orang-orang yang sempat satu pesawat dengan dua pasien itu. “Sejauh ini tidak ada bukti terjadi transmisi komunitas dari kasus ini,” demikian pernyataan MOH.

3. Australia
Dua pendatang Afrika Selatan dinyatakan positif varian Covid-19 Omicron saat menjalani tes di Sydney, negara bagian New South Wales (NSW), Australia. Mereka sempat transit di Singapura sebelum terbang ke New South Wales, Australia pada Sabtu (27/11/21) lalu.

Menteri Kesehatan Singapura mengatakan, saat dites di Afrika Selatan sebelum keberangkatan, dua pendatang itu dinyatakan negatif Covid-19. Mereka bertolak ke Sydney pada Minggu (28/11/21).

Baca Juga:24 Negara Sudah Terinfeksi Omicron, Ini Daftarnya

Kementerian Kesehatan New South Wales (NSW) mengatakan kedua penumpang yang tiba di Sydney dari Afrika Selatan dengan Singapore Airlines SQ 211 telah diisolasi. Mereka, katanya, juga sudah divaksin secara penuh. “Semua orang di maskapai dianggap sebagai kontak erat dan perlu segera dites untuk Covid-19 dan diisolasi selama 14 hari, terlepas dari status vaksinasi mereka,” ujar Kemenkes NSW.

Kemenkes NSW menghubungi semua penumpang dan awak pesawat untuk memberi tahu soal persyaratan isolasi. (cnn/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: