30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

PUD Pasar Kota Medan Berkolaborasi dengan Wartawan Unit DPRD Gelar Donor Darah

Medan, MISTAR.ID

Guna membantu mengatasi minimnya ketersediaan darah di masa pandemi Covid-19 yang terus meningkat, PUD Pasar Kota Medan berkolaborasi dengan Koordinator Wartawan Unit DPRD Medan, DPD P4B Kota Medan dan PMI Sumatera Utara melakukan ‘Bakti Sosial Donor Darah’ di Jalan Rotan samping Pasar Petisah (depan kantor Dinas Kesehatan) Medan, sebagaimana dalam siaran persnya, Rabu (29/9/21).

Hadir dalam kegiatan ini, Dirut PUD Pasar Kota Medan Suwarno SE, Ketua Koordinator Wartawan DPRD Medan Said Ilham Assegaf SH, Ketua DPD P4B Kota Medan Siswarno, Dirops PUD Pasar Ismail Pardede, Dirbang Imam Abdul Hadi dan segenap pengurus koordinator wartawan DPRD serta pengurus dan anggota DPD P4B Kota Medan.

Dalam sambutannya, Dirut PUD Pasar Kota Medan Suwarno mengatakan, perbuatan mendonorkan darah yang terlaksana hari ini merupakan perbuatan mulia dimata Allah.

Baca Juga: HUT Ke-76 PMI Tebing Tinggi Diisi Donor Darah dan Bagi Sembako

“Atas nama Pemko Medan, saya memberikan apresiasi kepada koordinator wartawan DPRD Medan dan DPD P4B Kota Medan. Sehingga Bhakti Sosial berupa Donor Darah ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Suwarno berharap, kegiatan ini dapat menginspirasi elemen masyarakat lainnya untuk melakukan kegiatan donor darah karena mengandung nilai sosial dan ibadah.

Sementara itu, Ketua Koordinator Wartawan DPRD Medan Said Ilham Assegaf SH mengatakan, pelaksanaan kegiatan donor darah ini direncanakan diikuti sebanyak 100 orang peserta yang berasal dari wartawan unit DPRD, pengurus P4B Kota Medan dan karyawan PUD Pasar Kota Medan.

Baca Juga:HUT Lantas ke-66, Polres Dairi Gelar Donor Darah

“Semoga pelaksanaan donor darah kolaborasi PUD Pasar Kota Medan, wartawan, pedagang pasar ini mendapat berkah dari Allah. Karena menurut data dari PMI Sumut, ketersediaan kantongan darah di PMI saat ini sangat minim. Sementara kebutuhan darah di masa pandemic Covid-19 ini terus meningkat. Jadi atas keprihatinan tersebutlah, koordinator wartawan unit DPRD Medan hari ini berkolaborasi dengan P4B serta PUD Pasar untuk pelaksanaan donor darah,” kata Said.

Dijelaskan Said, berdasarkan informasi yang diterima dari PMI Sumut, selama masa pandemi Covid-19 PMI Sumut hanya bisa merealisasikan 150 hingga 200 kantongan darah per harinya. Padahal itu sebelumnya PMI Sumut bisa merealisasikan 300 hingga 400 kantongan darah. Sementara kebutuhan darah di masa pandemi meningkat.

“Karena itulah kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian atas ketersediaan kantongan darah di masa pandemi. Donor darah ini merupakan bagian dari sikap kemanusiaan kita, yang peduli atas penderitaan orang lain. Intinya kita ikut membantu orang yang membutuhkan darah. Seperti orang yang terkena penyakit ginjal dan harus melakukan cuci darah, tentu darah yang kita donorkan ini sangatlah membantu mereka. Ingat setetes darah adalah nyawa bagi orang lain yang membutuhkan,” jelas Said.

Baca Juga:Sambut HUT ke-66 Polantas, Satlantas Polres Pelabuhan Belawan Gelar Donor Darah

Sementara itu, Ketua DPD P4B Kota Medan Siswarno menyatakan, kalau kegiatan mulia yang dilaksanakan ini, merupakan langkah positif bagi semua orang. “Kami sangat senang sekali dapat berkolaborasi dengan teman-teman wartawan DPRD Kota Medan, untuk berbuat demi kepentingan umat manusia. Semoga kedepannya kerjasama ini dapat terus berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dirut PUD Pasar Kota Medan Suwarno meninjau langsung mobil tempat pengambilan darah milik PMI Sumut yang terparkir di lokasi kegiatan.(amsal/hn12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: