30 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Pakar sebut China Berencana Rampungkan Pembangunan Stasiun Antariksa

Beijing | MISTAR.ID – Stasiun antariksa China, yang mampu menampung tiga astronaut, rencananya bakal dibangun dan dioperasikan dalam tiga tahun mendatang. Stasiun itu diharapkan dapat menjadi laboratorium nasional yang unik untuk keperluan penelitian di bidang ilmu antariksa.

Stasiun antariksa itu dirancang dengan bobot 100 ton dan mampu menampung tiga astronaut, yang dapat diperbesar jika perlu, menurut Zhou.

“Tujuan utama pembangunan stasiun antariksa itu adalah mengantarkan China menjadi negara yang menguasai secara mandiri teknologi penerbangan berawak jangka panjang di ruang angkasa dekat Bumi, serta memiliki kemampuan untuk melaksanakan berbagai eksperimen ilmiah berawak jangka panjang di ruang angkasa dekat Bumi, serta pemanfaatan dan pengembangan yang menyeluruh terhadap sumber daya antariksa,” kata Zhou di acara China Summit Forum on Human Factors Engineering ke-4 yang digelar di Universitas Sun Yat-sen pada Sabtu (16/11) hingga Minggu (17/11).

Stasiun antariksa tersebut bakal dibangun sebagai platform utama China untuk melakukan penelitian di bidang ilmu antariksa, dengan tujuan menguasai berbagai teknologi untuk membangun dan mengoperasikan fasilitas antariksa berukuran besar, teknologi yang menjamin kehidupan dan kesehatan astronaut yang kerap bekerja di orbit, serta pembangunan laboratorium antariksa nasional, menurut Zhou.

Sumber: Xinhua/Antara
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: