27.9 C
Medan
Friday, August 12, 2022
spot_img

1.135 Tahanan Sempat Dievakuasi, Saat Asap Muncul di Rutan Tanjung Kusta

Medan, MISTAR.ID

Asap tebal yang sempat muncul dari ruangan portir pintu utama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Senin (1/8/22) malam, pertama kali terlihat sekitar pukul 21.45 WIB.

Hal itu diketahui saat Diki (28) pegawai Polsuspas Rumah Dinas (Rumdis) Lapas mendengar sejumlah narapidana berteriak ada asap secara berulang-ulang dari gedung T7.

Panit Reskrim Polsek Helvetia Ipda Alwan mengatakan, Diki bersama beberapa rekannya yang pada saat itu sedang dinas jaga mengeluarkan 1.135 narapidana dari tiap-tiap blok ke lapangan bagian dalam yang ada di gedung T7.

Baca juga:Ruangan Portir Pintu Utama Lapas Tanjung Gusta Terbakar

Tak berapa lama kemudian, pegawai Lapas lainnya bernama Deni (27) melihat kepulan asap yang berasal dari atap seng gedung portir pintu masuk. Keduanya kemudian memadamkan asap dengan menggunakan racun api dan berhasil meminimalisir keadaan

“Sekitar pukul 22.00 WIB, petugas PLN Sektor Medan Helvetia tiba di lokasi mengecek dan menemukan adanya korsleting listrik aliran bawah tanah yang berada di belakang gedung T7,” ujarnya via What’s App, Selasa (2/8/22).

Sepuluh menit berselang, tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Medan tiba di lokasi. Petugas akhirnya melakukan pendinginan dan menetralisir, sekaligus memastikan tidak ada sumber api yang masih menyala.

Baca juga:Setelah 2 Tahun, Lapas Kelas IIB Sidimpuan Perbolehkan Kunjungan Tatap Muka dengan WBP

“Sekitar pukul 23.40 WIB aliran listrik yang berada di gedung portir pintu masuk Lapas Tanjung Gusta kembali menyala, setelah diperbaiki oleh petugas PLN Sektor Medan Helvetia,” sebut Alwan.

Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan Ronald F Sihotang memastikan persentase objek yang terbakar lebih kurang 5% dan tidak berdampak ke bagian bangunan lainnya.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu,” kata Ronald. (ial/hm06)

Teks foto
Suasana Lapas Tanjung Gusta pasca kemunculan asap di ruangan portir pintu utama. (f: ist/mistar)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: