23.3 C
Medan
Saturday, November 27, 2021
spot_img

Siapkan Perlengkapan Wajib Bagi Hobi Naik Gunung

MISTAR.ID
Mendaki gunung memang sangat populer di kalangan generasi muda dari masa ke masa, terutama para cowok. Nggak hebat rasanya jika kamu tidak pernah menaklukan satu gunung. Dijamin pasti ketagihan meski pulang dengan peluh di badan.

Namun jangan salah, mendaki gunung gak bisa sembarangan. Kamu perlu mempersiapkan sejumlah logistik dan tentunya peralatan mendaki gunung agar pendakian tetap berjalan aman dan nyaman dengan memerhatikan keselamatan.

Bila kamu berniat naik gunung, berikut ini lima peralatan atau perlengkapan yang wajib kamu bawa ketika mendaki gunung. Jika kamu pemula, jangan lupa tanyakan dengan yang sudah berpengalaman! Simak pembahasannya!

Baca juga: Punya Hobi Hiking, Menlu RRT Lihat Langsung Keindahan Danau Toba

1. Jaket gunung berkualitas
Jaket menjadi perlengkapan yang wajib kamu bawa ketika mendaki gunung. Jaket berguna untuk menjaga suhu tubuh kamu agar tetap hangat dan melindungi tubuh di tengah dinginnya udara gunung. Dalam memilih jaket, usahakan cari jaket yang memiliki bahan windproof atau waterproof.

2. Kantung tidur atau sleeping bag
Peralatan yang satu ini juga tidak kalah penting untuk kamu bawa. Sleeping bag berfungsi untuk menjaga suhu tubuh kamu agar tetap hangat ketika kamu sedang tidur pada saat melakukan pendakian.

Udara gunung pada malam hari biasanya dapat mencapai belasan derajat bahkan sampai di bawah sepuluh derajat celsius. Usahakan untuk membawa sleeping bag yang sesuai ukuran tubuhmu agar mendapatkan kehangatan yang maksimal.

3. Sepatu dan sandal gunung
Gunung terkenal memiliki medan pendakian yang tidak mudah. Banyak medan berpasir , berbatu, bahkan jalan licin yang akan kamu jumpai ketika mendaki gunung. Oleh karena itu, alas kaki menjadi perlengkapan yang wajib kamu bawa untuk melindungi kaki kita saat mendaki.

Berbeda dengan sepatu dan sandal kebanyakan, sepatu dan sandal gunung memiliki desain sol tebal yang dapat mencengkeram tanah dengan sangat baik agar kamu tidak terpeleset saat mendaki.

Baca juga: Ini 15 Hobi Terpopuler Selama Pandemi Covid-19

4. Tas gunung atau carrier
Tas gunung atau yang biasa disebut dengan carrier adalah salah satu perlengkapan wajib yang perlu kamu bawa ketika hendak mendaki gunung. Carrier berfungsi untuk membawa semua peralatan dan perlengkapan kamu ketika mendaki.

Carrier biasanya memiliki ukuran yang bervariatif mulai dari 40 liter, 60 liter, bahkan sampai 100 liter. Sesuaikan besarnya carrier dengan kebutuhan dan lamanya waktu pendakian yang akan kamu lakukan.

5. Pakaian ganti

Gunung memiliki cuaca yang tidak bisa kamu prediksi. Oleh karena itu, mempersiapkan pakaian ganti juga tidak boleh kamu lupakan ketika akan mendaki gunung. Pakaian yang perlu kita persiapkan seperti jaket, kaus, pakaian dalam, sarung tangan, jas hujan, celana panjang, dan lain-lain. Pilihlah bahan yang nyaman ketika kamu gunakan agar pengalaman mendaki gunung menjadi semakin aman dan menyenangkan.

Itulah perlengkapan yang wajib kamu bawa ketika hendak mendaki gunung. Selain itu kamu juga harus persiapkan fisik dan logistik yang cukup agar perjalanan pendakianmu semakin nyaman. Mulailah untuk berolahraga seperti jogging , berenang , ataupun lari agar nantinya kamu tidak mengalami kelelahan yang berlebihan dan mengurangi risiko cedera. Selamat mendaki ! (superadventure/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: