21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Stok Ikan Laut Kosong, Harga Ikan Air Tawar Melambung di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Memasuki hari ketiga Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah atau tahun 2022, Rabu (4/5/22) transaksi jual beli di pasar tradisional di Kota Pematangsiantar masih tampak sepi. Sejumlah kios juga masih tutup.

Aktivitas bongkar muat ikan-ikan segar dari luar daerah juga belum terlihat. Akibatnya, ikan laut di pasar tradisional kosong dan harganya melambung. Hal ini membuat sejumlah konsumen beralih ke ikan air tawar, seperti nila, lele, dan ikan emas.

Amatan Mistar di pasar tradisional Dwikora Pematangsiantar, harga ikan air tawar tersebut terus merangkak naik hingga tembus Rp38 ribu per kilogram. Kenaikan ikan tawar itu karena paling diminati dan dicari warga Siantar.

Baca juga: Pasokan Ikan Laut di Pasar Tradisional Siantar Minim, Warga Mengeluh

“Sulit cari ikan laut, beli ikan ini (nila) ajalah. Dari pada nanti tak ada lauk di rumah, mau makan apa jadinya, masa telur lagi,” ungkap Roidah (43) sambil memilih ikan nila yang akan dibelinya.

Tak jauh beda dengan, Mama Rani. Wanita yang berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah di Kabupaten Simalungun ini mengaku heran mahalnya harga ikan air tawar yang naik hampir 100 persen. Padahal, sebelum Lebaran, ia masih membeli ikan nila di harga Rp25.000 per kg. Ia pun beralih ke ikan tawar yang lainnya.

“Kaget waktu dibilang harganya Rp38.000 per Kg. Padahal sebelumnya, masih di harga Rp25.000 per Kg. Saya coba beli ikan lele, ternyata naik juga. Harga ikan lele Rp28.000 per Kg. Padahal, sebelumnya masih di kisaran Rp19.000 per Kg,” ucapnya.

Dikatakan Mama Rani, seharusnya peningkatan harga beberapa komoditas pangan masih tinggi di pasca Lebaran ini tidak terus terjadi. Ia berharap pemerintah lebih serius menata manajemen tata niaga pangan, menjaga distribusi pangan, sehingga kenaikan harga dapat diantisipasi sebelumnya.

Baca juga: Pasokan Ikan Kembali Lancar di Siantar tapi Konsumen Keluhkan Harga Mahal

Kendati harga relatif tinggi, daya beli masyarakat terhadap jenis ikan air tawar ini justru tinggi. Bahkan sejumlah pedagang mengaku sempat kehabisan stok. Salah seorang pedagang ikan air tawar di pasar tradisional Dwikora menuturkan laris manisnya penjualan ikan nila, emas, dan lele disebabkan berkurangnya pasokan ikan laut di pasar tersebut.

“Ini kan masih momen Lebaran, jadi banyak para pelaut yang belum bekerja cari ikan. Seperti sekarang inilah momen yang pas buat kami pedagang ikan air tawar,” kata pria yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut. (yetty/hm09)

Related Articles

Latest Articles