16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Rupiah Digilas Dolar, Dibuka ke Level Rp14.240 per USD

Jakarta, MISTAR.ID

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah, Rabu (8/9/21). Rupiah dibuka pada level Rp14.240 per USD, melemah 25 poin atau 0,18 persen dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya di posisi Rp14.212 per USD.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp14.235-Rp14.240 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar 1,34 persen. Kurs dolar terus menguat bergerak lebih jauh dari level terendah hampir satu bulan.

Hal ini merupakan imbas dari kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mendorong investor untuk memangkas posisi dolar terhadap euro menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) minggu ini.

Baca Juga:Rupiah Tundukkan Dolar AS dan Sapu Mata Uang Dunia

Greenback pada Jumat pekan lalu jatuh ke level terendah sejak awal Agustus setelah laporan pekerjaan AS yang mengecewakan, mendorong para analis untuk meningkatkan taruhan Federal Reserve tidak akan mengurangi stimulusnya dalam beberapa bulan mendatang.

Namun, dolar menguat dalam dua sesi terakhir. Greenback naik 0,33 persen pada Selasa, 7 September ke level 92,42 setelah menyentuh level terendah pada Jumat pekan lalu sejak 4 Agustus. “Aksi jual dolar mungkin setidaknya telah membentuk basis jangka pendek,” ujar Kepala Strategi Valas di Scotiabank Toronto, Shaun Osborne.

“Federal Reserve menurut kami masih cenderung bergerak menuju tapering pada akhir tahun ini. Ekonomi AS kemungkinan akan berkinerja relatif kuat, jadi pandangan kami adalah penurunan dolar kecil, pelemahan dolar kecil, mungkin merupakan peluang beli,” lanjutnya. (medcom/hm12)

Related Articles

Latest Articles