14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Rupiah Tundukkan Dolar AS dan Sapu Mata Uang Dunia

Jakarta, MISTAR.ID
Rupiah berjaya di Benua Asia dan Eropa. Melansir data Refinitiv, sepanjang pekan ini rupiah menguat 0,28% melawan dolar AS di Rp 14.150/US$. Mata Uang Eropa disapu bersih, euro melemah 0,62%, franc Swiss merosot 1,59%, krona Swedia minus 1,15%, sementara poundsterling melemah tipis 0,05%.

Tak hanya itu, nilai tukar rupiah sukses membukukan penguatan enam pekan beruntun melawan dolar Amerika Serikat (AS), dalam minggu ini. Bahkan, sempat menembus ke bawah level Rp 14.000/US$ dan berada di level terkuat dalam 5 bulan terakhir.

Di Asia, rupiah menguat melawan mayoritas mata uang utama, hanya melemah melawan won Korea Selatan, baht Thailand, dan dolar Taiwan. Aliran investasi yang besar masuk ke dalam negeri dalam 2 pekan terakhir membuat rupiah perkasa.

Baca Juga:Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin Capai Nilai Transaksi Rp1 T

Data Bank Indonesia menunjukkan pada periode 2-5 November 2020, transaksi nonresiden di pasar keuangan domestik membukukan beli neto Rp3,81 triliun. Rinciannya, beli neto di pasar SBN sebesar Rp3,87 triliun dan jual neto di pasar saham sebesar Rp60 miliar.

Sementara, data dari Bursa Efek Indonesia menunjukkan sepanjang pekan lalu, investor asing melakukan aksi beli (net buy) sebesar Rp1,2 triliun. Sepanjang pekan ini bahkan lebih besar lagi, Rp4,45 triliun masuk ke pasar saham dalam negeri.(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles