11.3 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Produsen Sepeda Mulai Beralih ke Bisnis Motor Listrik

Jakarta, MISTAR.ID

Produsen sepeda United Bike mulai beralih pada kompetisi bisnis motor listrik tanah air dengan meluncurkan produk motor listrik T1800, Sabtu (12/12/20).

Terang Dunia Internusa (TDI) sebagai produsen sepeda united menyebutkan, kini perusahaan telah mempunyai dua divisi. Divisi United Bike berkonsentrasi pada bisnis sepeda, sedangkan United e-Series akan menjalankan bisnis motor listrik.

“Kami meluncurkan roda dua motor listrik bagi masyarakat Indonesia yang sekaligus menjadi komitmen dalam mendukung program langit biru dari pemerintah Indonesia,” ujar Henry Mulyadi, Direktur TDI mengutip keterangan tertulis.

Baca Juga: Mantap! Motor Listrik Asal Semarang Berani Unjuk Gigi

Motor listrik United diproduksi di dua pabrik, yaitu di Gunung Putri dan Citeureup, Jawa Barat. Kedua pabrik diklaim memiliki kapasitas produksi sebanyak 100 unit motor listrik United dalam satu hari.

Hingga saat ini, bahan baku komponen penting masih banyak didatangkan dari luar negeri, seperti baterai, controller dan motor penggerak. Untuk sementara ini target penjualan 500 unit per bulan.

Spesifikasi Motor Listrik United

Skuter T1800 memiliki tenaga yang dihasilkan dari motor listrik BOSCH 60V1800W dengan torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W.

Baca Juga: Ini Komitmen PT Pertamina Percepat Ekosistim Kendaraan Listrik

Motor ini juga dilengkapi baterai Lithium 60V 28Ah yang dalam kondisi penuh 100 persen dapat mencapai kecepatan maksimum 70 km per jam dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50 hingga 60 km per jam pada mode kecepatan normal.

Menurut Henry motor ini memiliki nilai ekonomis dalam hal biaya operasional dan perawatan. Kata dia biaya operasional pemakaian daya listrik hanya sekitar Rp2.700 untuk satu kali pengisian listrik dengan waktu minimal empat jam, dan mampu mencapai jarak tempuh mencapai 65 km dengan mode kecepatan normal.

Baca Juga: 30 Juta Unit Sepeda Motor Diproduksi Honda Di Vietnam

Kemudian dari sisi perawatan, motor listrik juga efisien karena tidak memerlukan servis rutin seperti motor konvensional pada umumnya.

Terdapat juga sejumlah fitur pada T1800, antaranya panel display full digital, lampu LED, pengoperasian motor tanpa anak kunci, pilihan berkendara dengan tiga mode kecepatan, mode mundur, alarm, USB port, hingga speaker yang dapat terkoneksi bluetooth untuk audio, radio dan mode suara pada kendaraan.

“Kami yakin fitur-fitur ini nantinya juga akan diikuti oleh kompetitor-kompetitor lainnya,” kata Henry.

Untuk saat ini pelayanan penjualan dan purnajual motor listrik United baru tersedia untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Perusahaan menargetkan penjualan 500 unit per bulan pada produk ini.

Konsumen dalam negeri cukup menggelontorkan dana Rp27 juta on the road Jadetabek untuk meminang motor listrik United. Pihak TDI cuma mengandalkan penjualan motor dari gerainya di Alam Sutera, Tangerang dan membuka layanan penjualan di sejumlah toko online.(CNN/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles