31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Potensi Ekspor Sumut Cukup Menjanjikan, Ini Buktinya

Medan, MISTAR.ID

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengatakan potensi ekspor di Sumut cukup menjanjikan.

Hal ini dikatakan saat mengunjungi Festival Benih dan Buah yang diselenggarakan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut di UPT Tanaman Hias dan Biofarmaka di Jalan Batalyon Kavaleri VI Nomor 2, Asam Kumbang, Medan, Sabtu (4/12/21).

Sebanyak 24 stand UPT Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dari kabupaten-kota di Sumut turut meramaikan pameran festival tersebut. Berbagai jenis buah dan bibit unggul dipamerkan. Menurut Nawal, merupakan potensi ekspor yang cukup menjanjikan, bila dapat dibudidayakan oleh petani di daerah itu.

Baca Juga:Ekspor dan Impor Sumut Naik di Oktober 2021, Terbesar ke Negara Tiongkok

“Tadi semua stand di sini saya kunjungi. Saya lihat cukup bagus hasil buah dan benih yang dipamerkan. Ini cukup menjanjikan, hasil buah ini untuk ekspor,” kata Nawal didampingi Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Bahruddin Siregar dan Kepala Dinas Perkebunan Sumut Lies Handayani Siregar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/21).

Dari segi kualitas dan kelayakan, menurut Nawal sudah sangat pantas, dan saat ini yang utama menurutnya adalah bagaimana mendorong petani membudidayakan ini nantinya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Bahruddin Siregar yang memberikan keterangan menyatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing benih dan buah ungggul yang ada di Sumut. Kegiatan ini juga bertujuan promosi pada masyarakat bahwa Sumut memiliki benih paritas unggul.

Baca Juga:Ekspor Karet Sumut ke Amerika Naik 3 Persen

“Di sini yang difestivalkan adalah benih varietas unggul yang belum bersertifikat. Kalau sudah bersertifikat sudah teruji dan tidak boleh ikut, namun boleh ditampilkan dalam pameran. Yang kita uji hanya varietas unggul yang belum bersertifikat,” katanya.

Kegiatan ini juga menurut Bahruddin, untuk memacu para petani agar dapat menghasilkan buah-buah yang bagus dan bisa bersaing dengan negara lain dalam hal ekspor. “Karena kita memiliki potensi dari segi alam dan lainnya. Ini untuk tahun pertama, nanti di tahun kedua akan kita sosialisasikan kembali, agar target kita tercapai,” katanya.

Nantinya dalam festival ini akan ditentukan varietas unggul sebagai pemenang dari segi rasa dan bentuk. Kemudian akan dikembangkan bibitnya dan dibagikan kepada para petani secara gratis untuk dibudidayakan. (anita/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: