25 C
Medan
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Pentingnya Investasi Emas, Jadi Solusi Bila Butuh Dana Darurat

Medan, MISTAR.ID

Membeli emas bisa dijadikan investasi untuk berbagai tujuan, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Bahkan bisa juga digunakan saat butuh dana darurat.

Pimpinan PT Pegadaian Kanwil I Medan Arief Rinardi Sunardi mengatakan, berinvestasi emas banyak manfaatnya.

“Emas bisa ditukarkan menjadi kebutuhan dana tunai jika dalam keadaan mendesak dengan menggadaikannya di Pegadaian,” ujarnya di Medan, Selasa (28/6/22).

Baca Juga:Harga Emas di Pegadaian dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Menurut Arief, emas juga dapat dijadikan sebagai investasi biaya pendidikan anak yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Emas menjadi solusi dalam memenuhi ragam kebutuhan konsumtif di masa depan, selain pendidikan anak juga bisa untuk renovasi rumah, dan lainnya,” ungkap dia.

Arief menuturkan, bicara soal investasi tentu banyak pilihannya. Pilihan investasi bisa saja tanah, saham, properti.

“Investasi yang paling aman yaitu emas. Investasi emas bisa dilakukan di Pegadaian, baik dalam bentuk cicilan maupun tabungan mulai dari 10 ribu rupiah,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, betapa penting dan bermanfaatnya investasi emas, pihaknya membuat program agar masyarakat sadar berinvestasi emas. Sasaran utamanya terhadap masyarakat desa, karena seringkali terlilit utang rentenir lantaran butuh dana mendesak.

Baca Juga:Harga Emas Sedang Tak Menentu, Silahkan Cek di Pegadaian

“PT Pegadaian Kantor Wilayah 1 Medan berkolaborasi dengan Bumdes Teman Sejati, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, membuat program SADARI Emas (Desa Sadar Investasi Emas) dan telah diresmikan. Ini merupakan sebuah program yang dicanangkan PT Pegadaian kepada masyarakat desa yang sadar berinvestasi emas untuk sekarang dan di masa depan,” ungkap Arief.

Ia menuturkan, kolaborasi pihaknya dengan Bumdes Teman Sejati, baru pertama kali dilakukan di wilayah Sumut – Aceh.

“Sinergi bersama Pemkab Sergai juga perdana dilakukan Pegadaian. Kerjasama seperti ini tidak hanya sampai sini saja, melainkan di program-program lainnya,” tuturnya.

Arief mengaku, ada dua jenis investasi emas yang ditawarkan pihaknya kepada Bumdes Teman Sejati dan masyarakat. Pertama, kepemilikan emas batangan bersertifikat (individu, kelompok/arisan) mulai dari 1 gram. Kedua, Tabungan Emas Pegadaian, dimana masyakat dapat menabung emas mulai dari 0,01 gram atau Rp10.000 per transaksinya.

Baca Juga:Harga Emas di Pegadaian Naik Silih Berganti

“Saat ini, sudah ada 2 kelompok masyarakat Bumdes Teman Sejati yang berinvestasi Produk Arisan Emas Batangan di Pegadaian,” pungkasnya.

Deputi Bisnis Area Medan 2 Dwi Hadi Atmaka menambahkan, agar masyarakat desa khusus di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, sadar investasi emas. Maka pihaknya akan memfasilitasi 500 orang anggota Bumdes dengan pembukaan Tabungan Emas secara gratis. Hal ini sebagai motivasi awal untuk memulai menabung emas. (anita/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: