17.1 C
New York
Friday, May 17, 2024

Pasokan Ikan Mulai Ada, Pedagang Ikan di Pasar Siantar Mulai Beraktivitas

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Setelah beberapa hari ini pasokan ikan menipis karena cuaca ekstrem dan berimbas pada harga ikan di sejumlah pasar di Kota Pematangsiantar, akhirnya hari ini pedagang ikan mengaku senang karena pasokan mulai ada.

Amatan mistar.id pada Minggu (7/11/21) di pasar tradisional Dwikora Pematangsiantar yang merupakan pasar sentral datangnya ikan – ikan segar dari berbagai daerah, seperti Aceh, Tanjung Balai, Belawan, dan Batubara, lapak para pedagang sudah mulai penuh terisi ikan – ikan dari berbagai jenis.

“Ikan sudah mulai ada, walaupun tak selengkap dan sebanyak seperti biasanya. Nelayan sudah ada yang melaut,” kata salah satu pedagang di pasar itu, Galang.

Baca juga:Harga Ikan Asin Turun Sumbang Deflasi Februari 2021 di Siantar

Menurut Galang, harga semua jenis ikan tidak lagi mengalami kenaikan yang cukup signifikan seperti sebelumnya. Ketersediaan ikan di sejumlah pasar sudah mulai tersedia sejak tiga hari belakangan ini.

Meski demikian, ujar pedagang lainnya, Riky, harga ikan masih terbilang belum turun secara normal. Karena tidak diimbangi dengan pasokan ikan yang ada.

“Pembeli masih sepi, harga ikan belum sepenuhnya normal, walaupun stok ikan sudah mulai ada. Misalnya ikan tongkol masih terbilang mahal. Kenaikan mulai Rp3 ribu hingga Rp8 ribu,” ucap Riky.

Baca juga:Pasokan Minim, Harga Ikan Melambung di Pasar Siantar

Di samping itu, sambung dia, banyak pembeli yang kecewa karena ikan yang dicari ternyata tak tersedia, terutama ikan laut. Kalaupun beberapa yang jual ikan, cuma ada ikan beku dengan harga yang masih terbilang mahal.

Ia memprediksi kondisi ini akan terus berlanjut sampai akhir bulan ini karena cuaca makin ekstrem seperti gelombang laut dan curah hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah tersebut. (yetty/hm06)

Related Articles

Latest Articles