12.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Ibu Kota PSBB Total, IHSG dan Rupiah Melemah

Medan, MISTAR.ID

Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Kamis (10//920) dibuka melemah.

Selain IHSG dibuka melemah di level 5.084,33, mata uang rupiah ikut melemah hingga di atas level 14.900, atau tepatnya di kisaran level 14.914 per US Dolar.

“Kinerja mata uang rupiah mengalami keterpurukan dan sangat berpeluang untuk mendekati level 15.000 per US Dolar. Kinerja pasar keuangan benar-benar terpuruk seiring buruknya sentimen negatif eksternal dan internal,” ujarnya pada Mistar di Medan, Kamis (10/9/20).

Baca Juga: Pagi Ini Rupiah melemah 25 poin

Salah satu sentimen negatif eksternal yang berpengaruh adalah ancaman perang dagang antara AS dan China. Serta dari domestik adalah pemberlakukan PSBB di Jakarta yang membuat kinerja pasar keuangan kembali masuk dalam tekanan jual.

“Ada kemungkinan ancaman depresi yang bakal terjadi jika pusat ekonomi nasional justru mengalami gangguan karena kebijakan PSBB tersebut,” katanya.

Muncul potensi depresi jika kebijakan tersebut dilakukan dalam waktu lama. Disisi lain, belum ditemukannya obat maupun vaksin menjadi masalah serius dan memperburuk gambaran kebijakan ekonomi.

Baca Juga: Akibat PSBB, Perdagangan BEI Sementara Dibekukan

“Hal ini dikarenakan oleh penyebaran Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ketat. Hanya 11 bidang perkantoran yang boleh beroperasi.

Adapun 11 bidang usaha yang diizinkan beroperasi di kantor, yaitu: Kesehatan, Bahan pangan/makanan/minuman, Energi, Komunikasi dan teknologi informasi, Keuangan, Logistik, Perhotelan, Konstruksi, Industri strategis, Pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu, Pemenuhan kebutuhan sehari-hari. (anita/hm02)

Related Articles

Latest Articles