32 C
Medan
Friday, July 1, 2022
spot_img

Hore..! Harga Minyak Goreng Kini Rp14 Ribu Per Liter

Medan, MISTAR.ID

Kebijakan dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk menerapkan kebijakan minyak goreng satu harga sejak hari ini Rabu (19/1/2022) disambut bahagia oleh masyarakat di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Salah satunya warga Medan, bernama Indriyani mengaku bahagia dengan penerapan harga minyak goreng tersebut.

“Alhamdulillah harga minyak goreng turun. Meskipun penerapannya 6 bulan saja. Bahkan saya kira minyak yang subsidi aja. Ternyata semua merek juga ikut turun seperti yang saya beli merek Bimoli Spesial ini,” katanya saat diwawancarai wartawan yang dijumpai di salah satu ritel modern di Jalan Sisingamangaraja XII, Rabu (19/1/22). Dia juga menuturkan untuk pembelian minyak goreng juga ia hanya bisa memperoleh sebanyak 2 bungkus saja dimana per bungkus berisi minyak 2 liter.

Sama halnya yang diungkapkan oleh salah satu warga lainnya bernama Ida menuturkan penurunan harga minyak goreng menjadi Rp14.000 per liter ini sangat membantunya.  “Karena minyak goreng ini kebutuhan utama. Jadi dengan penyesuaian harga ini cukup membantu kami ibu rumah tangga ini,” jelasnya.

Baca juga: Harga Minyak Goreng dan Telur Mulai Turun di Siantar, Daging Ayam Tetap Mahal

Seperti diketahui, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau. Terkait tingginya harga minyak goreng, pemerintah menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp14.000 per liter.

Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga merupakan upaya lanjutan pemerintah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Melalui kebijakan ini, seluruh minyak goreng, baik kemasan premium maupun kemasan sederhana, akan dijual dengan harga setara Rp14.000/liter untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta Usaha mikro dan kecil.

“Untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan penyediaan minyak goreng dengan satu harga. Melalui kebijakan ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau, dan di sisi lain produsen tidak dirugikan karena selisih harga akan diganti oleh pemerintah,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam siarang persnya, Selasa (18/1/22).

Baca juga: Harga Minyak Goreng, Ayam dan Telur Mahal, KPPU Lakukan Pengawasan

Sebagai awal pelaksanaan, penyediaan minyak goreng dengan satu harga akan dilakukan melalui ritel modern yang menjadi anggota Aprindo dan untuk pasar tradisional, diberikan waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian.

“Ritel modern akan menyediakan minyak goreng dengan harga Rp14.000/liter yang dimulai pada Rabu, 19 Januari 2022, pukul 00.01 waktu setempat dan kepada masyarakat diharapkan tidak memborong (panic buying), karena stok minyak goreng dalam jumlah yang sangat cukup,” tambah Mendag. (anita/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: