7.3 C
New York
Friday, March 29, 2024

Harga Minyak Tergelincir Ditekan Kelebihan Pasokan OPEC+

New York, MISTAR.ID
Harga minyak tergelincir pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB) setelah OPEC+. Harga ini ditekan oleh adanya kelebihan pasokan harian lebih dari dua juta barel. Kondisi ini juga ditekan oleh jumlah klaim tunjangan pengangguran AS naik secara tak terduga, menandakan pemulihan ekonomi yang lambat.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober turun 47 sen atau 1,0 persen, menjadi menetap di 44,90 dolar AS per barel.

Sementara itu harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September melemah 35 sen atau 0,8 persen, menjadi ditutup pada 42,58 per barel pada hari terakhir perdagangannya. Kontrak WTI Oktober yang lebih aktif berakhir turun 29 sen atau 0,7 persen, pada 42,82 dolar AS per barel.

Baca juga: Corona Di AS Dan Jerman Meningkat, Harga Minyak Terperosok

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, mengatakan pada Rabu (19/8/2020) bahwa laju pemulihan pasar minyak tampaknya lebih lambat dari yang diperkirakan dengan meningkatnya risiko gelombang kedua pandemi yang berkepanjangan.

Baca juga: Tak Takut Sanksi AS, Iran Kembangkan Industri Minyak

Harga berada di bawah tekanan baru setelah Reuters melaporkan bahwa beberapa anggota OPEC+ perlu memangkas produksi tambahan 2,31 juta barel per hari (bph) untuk menutupi kelebihan pasokan baru-baru ini.

Pasar global juga berubah suram karena jumlah klaim baru AS untuk tunjangan pengangguran naik kembali di atas satu juta minggu lalu.

Harga minyak sebagian besar bergerak di kisaran sempit sejak pertengahan Juni, dengan Brent diperdagangkan berkisar antara 40 dolar hingga 46 dolar per barel dan WTI antara 37 dolar hingga 43 dolar.

“Rebound dalam aktivitas ekonomi global yang menjelaskan sampai batas tertentu harga minyak menguat selama periode Mei-Juni telah terhenti … lingkungan makro untuk minyak mentah terus menunjukkan pelemahan,” kata Kepala Penelitian Fundamental Global Marex Spectron, Georgi Slavov.

Data resmi menunjukan ekspor minyak mentah dari Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar dunia, memperpanjang penurunan pada Juni ke rekor terendah. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles