8.8 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Harga Emas Naik Tipis

Washington, MISTAR.ID

Harga emas dunia naik tipis pada perdagangan pagi ini, Rabu (8/12/21). Ke depan, bagaimanakah prospek harga sang logam mulia? Kenaikan harga emas karena imbal hasil obligasi pemerintah AS berkurang dari tertinggi baru-baru ini, memangkas peluang kerugian memegang logam tersebut.

Sementara investor menunggu data inflasi utama yang dapat menentukan jalannya suku bunga. Harga emas di pasar spot tercatat US$ 1.784,36/troy ons. Naik tipis 0,02% dibandingkan hari sebelumnya.

Perlahan tetapi pasti, harga emas mulai berbalik menuju tren kenaikan. Dalam sepekan terakhir, harga komoditas ini membukukan pertumbuhan 0,61% secara year-on-year.

Baca Juga:Harga Emas Sedang Tak Menentu, Silahkan Cek di Pegadaian

Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga emas masih bisa naik lagi. Bahkan bukan tidak mungkin kembali ke atas US$ 1.800/troy ons. “Harga emas mungkin akan menguji titik resistance US$ 1.789/troy ons. Jika tertembus, maka harga bisa naik ke US$ 1.805/troy ons,” sebut Wang dalam risetnya.

Menurut Wang, tren koreksi harga emas rasanya sudah berakhir. Kini uptrend sudah di depan mata dan investor boleh memasang target harga di US$ 1.819/troy ons. Namun investor juga patut waspada, karena harga masih berisiko terkoreksi. Titik support harga emas berada di US$ 1.769/troy ons.

“Melihat pergerakan harian, harga emas sudah menembus titik resistance US$ 1.781/troy ons dan punya kesempatan menuju US$ 1.803/troy ons. Akan tetapi, dalam waktu dekat sepertnya kenaikan agak terbatas,” lanjut Wang.

Sementara itu, bank sentral Inggris kemungkinan akan menunda lagi minggu depan untuk menjadi bank sentral besar pertama di dunia yang menaikkan suku bunga dari posisi terendah pandemi, karena munculnya varian virus corona Omicron.

Baca Juga:Harga Emas Melemah

Inflasi zona euro dapat melebihi perkiraan Bank Sentral Eropa (ECB) dalam jangka panjang, jadi tidak ada alasan sekarang untuk meningkatkan program pembelian obligasi ketika skema darurat berakhir Maret mendatang, kata pembuat kebijakan ECB Madis Muller.

Pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, meningkatkan peluang kerugian memegang emas tanpa suku bunga.

Presiden AS Joe Biden berencana untuk mengajukan lebih banyak calon untuk posisi terbuka di Dewan Federal Reserve AS pada akhir bulan, kata Gedung Putih. Biden memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Barat akan memberlakukan “tindakan ekonomi dan lainnya yang kuat” terhadap Rusia jika menyerang Ukraina.

Baca Juga:Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini

Harga rata-rata emas, perak, dan platinum tahun depan akan hampir sama dengan tahun 2021. Sedangkan harga rata-rata paladium akan turun, kata konsultan Metals Focus.

Di pasar spot, perak naik 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 22,51 dolar AS per ounce. Platinum naik 0,3 persen menjadi diperdagangkan di 954,26 dolar AS per ounce dan paladium bertambah 0,1 persen menjadi diperdagangkan di 1.855,14 dolar AS. (antara/hm12)

Related Articles

Harga Emas Naik Tipis

Latest Articles