30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Harga Cabai Merah Kembali Melonjak di Medan

Medan, MISTAR.ID

Harga cabai merah di Kota Medan terus mengalami naik turun. Hari ini misalnya, harga komoditas ini kembali naik padahal sempat turun sedikit dua hari yang lalu.

“Hari ini harga cabai merah dijual Rp100.000 per kg. Dua hari sebelumnya kita jua Rp80.000 per kg,” kata Aat, salah satu pedagang di Pasar Simpang Limun Medan, Jumat (1/7/22).

Untuk harga komoditas lainnya seperti cabai hijau kini dijual Rp70.000 per kg, bawang merah Rp60.000 per kg untuk kualitas bagusnya dan yang ukuran kecil Rp45.000 per kg, tomat Rp10.000 per kg. Cabai rawit dijual Rp68.000 per kg.

Baca Juga:Gawat! Harga Cabai Merah di Siantar Tembus Rp140.000 Per Kilogram

“Harga ini kita prediksi bertahan sampai menjelang Idul Adha,” ujarnya.

Sementara Pengamat Ekonomi Sumatera Utara (Sumut) Gunawan mengatakan, harga cabai merah di Kota Medan kembali melonjak setelah sekitar dua hari terakhir sempat turun tajam.

Harga cabai merah yang sempat turun di kisaran Rp80 ribu per kg di tingkat pengecer tersebut dipicu oleh penurunan daya beli yang membuat penjualan menjadi berkurang, sehingga stok sisa terpaksa di obral.

“Siklus ketahanan cabai yang pendek membuat pedagang tidak berani mengambil risiko dengan menyimpannya terlalu lama. Akan tetapi, saat ini harga cabai di Kota Medan kembai naik di kisaran Rp90 ribu hingga Rp95 ribu per kg. Padahal kemarin masih ada pasokan yang menopang penurunan harga cabai di Kota Medan yakni pasokan yang dari wilayah Batu Bara,” sebut Gunawan.

Namun, dikarenakan ada perbedaan harga cabai merah yang cukup signifikan antara Medan dengan Pekanbaru-Riau. Maka titik keseimbangan harga cabai merah pun berubah. Sebagai perbandingan mengacu pada data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) saat dua hari terakhir harga cabai merah di Medan berada di kisaran Rp80 ribu per kg.

Sedangkan harga cabai di Pekanbaru bergerak dalam rentang Rp100 ribu hingga Rp120 ribu per kg nya. Nah, pada hari ini harga cabai merah di Medan naik di kisaran Rp90 ribu hingga Rp95 ribu per kg. Sementara di Pekan Baru harga cabai merah turun dalam rentang Rp95 ribu hingga Rp110 ribu per kg-nya.

Baca Juga:Gawat! Ini Penyebab Harga Cabai Merah Mahal di Sumut

“Artinya kenaikan harga cabai merah tidak bisa dilepaskan dari tingginya harga cabai di luar Sumatera Utara khususnya wilayah perkotaan yang bersebelahan. Dan, dari hasi pantauan di lapangan, aktifitas pengiriman cabai dari wilayah Sumut ke Pekan Baru itu memang terjadi. Sejumlah pedagang besar yang saya tanyai mengakui bahwa cabai merah dikirim ke luar Sumut. Karena harganya lebih mahal, dan hal ini memicu kenaikan harga cabai merah di pedagang besar menjadi Rp75 ribu hingga Rp80 ribu per kg,” jelasnya.

Berbeda dengan cabai merah, harga bawang merah di Sumut mulai mengalami penurunan. Hari ini turun sekitar Rp5.000 per kg menjadi sekitar Rp50 ribuan per kg. Selain itu, harga minyak goreng curah juga mengalami penurunan mencapai Rp12 ribu per kg.

“Temuan tersebut ada di sejumlah pedagang pengecer/grosir di Desa Bangun Sari Baru Tanjung Morawa. Di sejumlah tempat lain di sekitar Deli Serdang juga ditemukan ada minyak goreng dijual dengan harga yang sama. Berkaca pada harga minyak goreng curah yang terjun bebas seperti itu, maka peluang harga minyak goreng curah di Medan maupun kota-kota lain di Indonesia¬† berada dalam rentang harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) kian terbuka lebar,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: