30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Harga Bawang Merah Turun di Medan, Cabai Merah Bertahan Mahal

Medan, MISTAR.ID

Awal Agustus, beberapa komoditas terpantau mulai bergerak turun. Salah satunya komoditas bawang merah lokal yang hari ini dijual diharga Rp35.000 per Kg, tepat sepekan lalu masih dijual di atas Rp40.000 per Kg. Sedangkan untuk bawang merah asal Jawa sudah dijual Rp13.000 per Kg.

Disebutkan, Sadrak Tamba salah satu pedagang di Pusat Pasar Medan turunnya harga bawang merah ini lantaran stok mulai banyak. Selain harga bawang merah yang turun, harga bawang putih juga turun di jual Rp20.000 per Kg, tomat Rp8.000 per Kg.

“Untuk harga bawang merah sudah turun. Tapi cabai merah masih belum ya. Hari ini kita jual Rp88.000 per kg untuk kualitas yang bagusnya. Asalannya masih sama karena stok yang masih belum kembali stabil,” kata Sadrak, Selasa (2/8/22).

Baca juga: Telur Ayam, Bawang Merah dan Cabai Mahal di Siantar, Pembeli Mengeluh

Dikatakannya lagi selain cabai merah harga cabai hijau juga masih mahal diharga Rp46.000 per Kg dan cabai rawit Rp48.000 per Kg. Lalu untuk komoditas yang turun harga selain bawang.

Terpisah, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumut, Barita Sihite melalui staffnya Zulkarnaen menyebutkan kenaikan harga cabai merah masih terjadi di Agustus ini.

“Sejak Senin (1/8/22) harga cabai merah tercatat naik hingga 2,7%. Di hari ini tercatat naik 1,3%. Bila dibandingkan dari harga sehari sebelumnya terjadi penurunan harga. Kenaikan harga cabai merah ini masih sama yakni dikarenakan stok yang belum terpenuhi. Namun untuk permintaan terpantau stabil,” jelasnya.

Tercatat harga cabai merah tertinggi ada di Toba dengan harga Rp100.000 per Kg, harga terendah di Dairi Rp73.333 per Kg. Di seluruh Kota IHK rata-rata dijual Rp90.100 per Kg.

Berbeda dengan harga bawang merah, dikatakannya terjadi penurunan harga hingga 2,3%. Penurunan harga bawang merah ini lantaran mulai banjirnya stok bawang merah baik dari lokal dan dari pulau Jawa.

Baca juga: Pasokan Sulit, Harga Cabai Merah di Medan Bertahan Mahal

“Untuk harga bawang merah sendiri tertinggi dijual di Labura Rp53.000 per Kg. Terendah dijual di Binjai Rp31.000 per Kg dan untuk rata-rata di Kota IHK dijual Rp41.400 per Kg,” pungkasnya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menanggapi bulan Juli 2022 Provinsi Sumut merealisasikan inflasi sebesar 0,31%. Realisasi inflasi tersebut sangat terkendali, dan di bulan Agustus ini Sumut berpeluang besar untuk merealisasikan deflasi.

“Meskipun angka realisasi inflasi Sumut sedikit lebih tinggi dibandingkan ekspektasi saya sebelumnya yakni 0,26%, akan tetapi hal tersebut tidak merubah ekspektasi saya bahwa Agustus ini Sumut berpeluang deflasi.

Ada beberapa komoditas pangan yang berpeluang turun di bulan ini seperti cabai merah, cabai rawit dan bawang merah. Bahkan untuk bawang merah, harganya sudah berada di kisaran Rp30 ribuan per Kg di sejumlah pasar di Kota Medan pada hari ini,” bebernya. (anita/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: