14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Harga Bahan Pokok Merangkak Naik di Awal Juli 2021

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga sejumlah bahan pokok kompak mengalami kenaikan di awal bulan Juli ini. Kenaikan salah satunya terlihat jelas pada komoditas sayur mayur.

Berdasarkan pantauan mistar.id di pasar – pasar tradisional di Kota Pematangsiantar, Jumat (4/7/21), hampir seluruh bahan pangan mengalami kenaikan, tetapi ada sebagian bahan pangan yang kenaikannya cukup menonjol.

Dorma Marpaung, salah seorang pedagang sayur-sayuran di pasar tradisional Dwikora mengatakan, sejumlah bahan pokok yang tadinya masih stabil, namun saat ini sudah mulai mengalami kenaikan.

Baca juga: Pengrajin Tahu Tempe Ancam Mogok Akibat Kenaikan Harga Kedelai

“Sudah mulai naik beberapa hari ini tapi tak terlalu. Memang perlahan naik harganya. Mungkin karena musim hujan saat ini, panennya kurang bagus,” katanya.

Dia menerangkan, saat ini harga cabai merah sudah mencapai Rp 25.000 hingga 30.000 per kg, padahal sebelumya masih berkisar Rp. 12.000 per kg. Kondisi sama juga terjadi untuk cabai rawit dan hijau. Pada awal pekan ini rata-rata harga cabai rawit mencapai Rp.25.000 per kg, naik dibandingkan awal pekan lalu.

Selain itu, lanjut dia, kenaikan juga dialami bawang merah. Untuk bawang merah harga pada Minggu ini mencapai Rp32.000 per kg, naik dibandingkan pekan lalu yang masih Rp28. 000per kg.

Kenaikan juga terjadi untuk bahan pokok lainnya, seperti pada minyak goreng, bawang putih, dan telur ayam. Hal serupa juga mulai terjadi pada jenis hasil perikanan.

Meski demikian, ada juga sejumlah harga bahan pokok yang turun. Seperti, daging ayam potong yang turun dari Rp 30.500 menjadi Rp 26.000 per kg.

Baca juga: Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Cukup di Sumut

Karena kenaikan harga ini, seorang ibu rumah tangga mengungkapkan keluhannya pada harga bahan pokok yang terus merangkak naik. Biasanya ia datang ke pasar tidak pernah membatasi pembeliannya. Namun sekarang justru sebaliknya harus mengurangi pembeliannya.

“Biasanya saya sudah memperkirakan jumlah uang yang harus dikeluarkan kalau pergi ke pasar. Ternyata, harga-harga bahan pokok sudah pada naik. Apalagi, cabe, bawang, minyak goreng, yang paling dibutuhkan ikutan naik, ini sangat memberatkan pastinya. Mudah-mudahan naiknya cukup segini aja, jangan mahal lagi,” pungkasnya. (Yetty/hm06)

 

Keterangan gambar :Harga cabai termasuk dalam kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di awal Juli 2021. (Yetty)

Related Articles

Latest Articles