32 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Forda UKM Sumut Perkuat Kerjasama Advokasi dengan LBH Medan

Medan, MISTAR.ID

Forum Daerah (Forda) Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumut, melakukan audiensi ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Selasa (14/7/20). Ini sebagai upaya menguatkan hubungan yang sudah terbangun dalam memberikan advokasi bagi pelaku usaha yang berkonflik.

Hadir dalam audiensi, Ketua Forda UKM, Sri Wahyuni Nukman, Sekjen, Chairil Huda, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Nurhalim Tanjung, Presidium  Forda UKM, Lie Ho Peng dan anggota, Paulus yang diterima langsung Direktur LBH Medan, Ismail Lubis.

Sri menyebutkan Forda UKM sudah lama membangun sinergi dengan LBH Medan, sejak wadah ini berdiri tahun 1997. Terutama dalam memberikan advokasi dan sosialisasi perizinan bagi pelaku usaha. Sebab selama ini,  tidak semua pelaku usaha memahami persoalan kelengkapan izin.

Baca Juga: Kredit UMKM Dirancang Tanpa Perbankan, Skemanya sedang Dibuat

Nurhalim Tanjung menambahkan, selama ini banyak pelaku usaha yang terkesan dicari-cari kesalahannya. Dengan memberikan surat undangan klarifikasi kepada pelaku usaha yang mempertanyakan beragam perizinan usaha yang dimiliki.

“Selama ini pelaku usaha sering mendapat undangan klarifikasi dari aparat. Tidak jarang saat oknum yang turun ini,  justru tanpa melibatkan masing-masing lembaga terkait. Semisal soal izin lingkungan hidup, namun tidak melibatkan instansi terkait, hanya dari oknum kepolisian saja,” ujar Nurhalim

Kedepan Forda UKM dan LBH Medan juga akan dibangun MoU, untuk tetap komitmen mengadvokasi pelaku usaha yang berkonflik, serta menggelar pelatihan-pelatihan, sosialisasi peraturan maupun perizinan dalam mengelola bisnis.

Baca Juga: Bantu UMKM, Pemerintah Alokasikan Belanja Rp318 Triliun

Direktur LBH Medan Ismail Lubis menyambut kerjasama advokasi UKM bersama Forda UKM Sumut ini. Apalagi, selama ini LBH Medan, sudah lama menjalin kerjasama dengan Forda UKM terutama yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi pelaku usaha.

“Kita sambut kerjasama dalam mengadvokasi, terkait kasus hukum yang menimpa pelaku usaha terutama terkait konflik vertikal,” ujarnya.

Terutama jika ada oknum melakukan kriminalisisai, yang mencari celah-celah kesalahan dari pelaku usaha. “Ini sangat menganggu kondisi UKM di Sumut. Makanya kita berkomitmen untuk bekerjasama,” ujarnya. (rika/ril/hm02)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: