9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

DJP Sumut I Bersama Relawan Pajak Bantu Pelaku UMKM Bangkit Selama Pandemi

Medan, MISTAR.ID

Sebagai salah satu stakeholder program Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) beberapa waktu lalu, kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) menggelar berbagai kegiatan bagi pengembangan UMKM, agar bangkit di masa pandemi.

Kabid P2 Humas Kanwil DJP Sumut I Bismar Fahlerie mengatakan, hal itu mereka lakukan sebagai bentuk dukungan pada kegiatan tersebut, terutama di bidang perpajakan.

“Kanwil DJP Sumut I bersama para relawan pajak telah memberi pendampingan kepada UMKM, khususnya mereka yang berpartisipasi aktif dalam program BKDT. Salah satu upaya bimbingan yang diberi adalah mengenai tata cara pemanfaatan insentif pajak, yang telah digulirkan pemerintah melalui program Pengembangan Ekonomi Nasional (PEN) sejak tahun lalu,” kata Bismar melalui keterangan tertulisnya, Rabu (16/6/21).

Baca Juga:UMKM Bisa Dapat Bantuan Dana Melalui Securities Crowdfunding

Bersama para Relawan Pajak Mahasiswa, Kanwil DJP Sumut I juga menggelar Webinar Training of Trainer (ToT) atau pelatihan dengan tema “Pemanfaatan Insentif Pajak” pada Kamis dan Jumat (10 -11 Juni 2021) bertempat di Aula Serbaguna Kanwil DJP Sumut I.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan UMKM BKDT. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberi nilai tambah kepada Relawan Pajak seperti pemahaman dan pengetahuan tentang insentif pajak serta meningkatkan keterampilan saat memberi asistensi kepada para UMKM,” jelasnya.

Bismar merinci, sebanyak 50 Relawan Pajak yang mendapat pelatihan berasal dari tax center pada 5 perguruan tinggi di Kota Medan yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas HKPB Nommensen, Universitas Pembangunan Panca Budi dan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI).

Baca Juga:UMKM Batu Bara Ekspor Perdana Produksi Hasil Laut ke Malaysia

Mereka bersama DJP berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM dalam menjalankan kewajiban perpajakannya serta menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya peranan pajak dalam pembangunan.

Ke depan, kata Bismar, program Business Development Services DJP melalui kerja sama Kanwil DJP Sumut I dengan tax center dan Relawan Pajak diharapkan dapat membangun jiwa entrepreneurship di kalangan para mahasiswa, yang akan memasuki dunia kerja.

“Ini juga merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam menerapkan pengetahuan dan tekhnologi yang dimiliki, untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bismar mengutip apa yang disampaikan Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi pada setiap kesempatan, saat berkunjung ke tax center di perguruan tinggi beberapa waktu lalu. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles