15.1 C
New York
Monday, March 18, 2024

Cabai Merah Bertahan Mahal, Ini Kata Kadis Perindag Sumut

Medan, MISTAR.ID

Harga cabai merah masih terus melonjak tajam. Hari ini, Selasa (28/6/22) harga rata-rata barang kebutuhan pokok di Sumatera Utara (Sumut) berdasarkan pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut mencatat harga cabai merah Rp101.336 per kg.

Cabai rawit Rp66.391 per kg, bawang merah lokal Rp58.473 per kg. Sedangkan bawang putih Rp27.953 per kg.

Kadis Perindag Sumut Aspan Sofyan mengatakan, saat ini kondisi Sumut masih kekurangan cabai.

Baca Juga:Gawat! Harga Cabai Merah di Siantar Tembus Rp140.000 Per Kilogram

“Ini disebabkan oleh kondisi petani Sumut yang masuk dalam proses penanaman. Ditambah faktor cuaca yaitu hujan,” katanya, Selasa (28/6/22).

Pihaknya tetap berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan khusus untuk harga cabai, pihaknya sudah berkoordanasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Sumut.

“Insya Allah nanti mereka akan terlibat, akan mencari komoditi ini di berbagai daerah. Dalam waktu dekat, Disperindag bersama BUMD juga akan melakukan operasi pasar di beberapa titik pasar di Sumut,” jelasnya.

Baca Juga:Harga Cabai Merah di Medan Bertahan Mahal Rp86.000/Kg

Saat ini buah cabai di Sumut masih muda di beberapa daerah dan ada petani yang memasuki masa pertanaman.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Sumut dan kabupaten/kota. Saat ini masih tahap awal penanaman. Mudah-mudahan tiga bulan ke depan akan panen lagi. Masih terkendali untuk Sumut. Hanya saja harga masih fluktuatif,” terangnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles