11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Bupati Batu Bara: Budidaya Rumput Laut Miliki Prospek Cerah

Batu Bara, MISTAR.ID

Ketika mengunjungi lokasi budidaya rumput laut di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Sabtu (23/10/21), terpancar ekspressi bahagia dari wajah Bupati Batu Bara H Zahir.

Ketika itu, Bupati Batu Bara didampingi Plt Kadis Perikanan Antoni Ritonga, Camat Medang Deras Effendi.

Apa yang membuat Bupati itu bahagia? Ternyata adalah budidaya rumput laut yang dilihatnya itu memimilik prospek yang sangat cerah untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Untuk Budidaya Tilapia, RSI Buka Penerimaan Penyelam Lokal di Danau Toba

Peluang itu telah menggerakkan semangat kepala daerah di Batu Bara tersebut, dan dia mengatakan, Pemkab Batu Bara bersama pelaku usaha budidaya rumput laut akan bekerjasama meningkatkan budidaya rumput laut tersebut karena memiliki prospek pasar yang sangat cerah dalam meningkatkan perekonomian.

“Karena umur 15 hari saja, rumput lautnya sudah tumbuh subur. Bahan baku rumput laut ini sangat diperlukan. Untuk itulah Pemkab Batu Bara akan membantu masyarakat untuk membudidayakannya,” ujar Bupati Batu Bara.

Perlu diketahui, Kabupaten Batu Bara kini memiliki tempat budidaya rumput laut sebagai salah satu sumber penghasilan dari hasil laut. Budidaya rumput laut ini telah dimulai sejak tahun 2019, dan sempat mengalami kegagalan tujuh kali masa pertumbuhan dikarenakan kondisi air laut kian berubah.

Baca Juga: Mahal Dan Menyehatkan, Umbi Porang Dibudidayakan Petani

Setelah dipindahkan sejauh 3 mil dari garis pantai Desa Durian Titi Kembar, tahun 2021 ini budidayanya mengalami pertumbuhan signifikan.

Sebelumnya lokasi budidaya berskala kecil namun kini diperluas sebesar 500 meter persegi dengan 200 tali bentang dan 205 ikat rumput laut yang dikelola, dan hasilnya mulai membaik. Hanya dalam 15 hari rumput laut mengalami pertumbuhan dan siap dipanen pada November mendatang.

Baca Juga: Budidaya Magot dan BSF, Janjikan Penghasilan Jutaan Rupiah

“Saya mencoba membudidayakan rumput laut karena di Batu Bara belum ada. Peluang ekonomi rumput laut sangat menjanjikan. Nantinya saya akan mengajak warga sekitar untuk ikut membudidayakannya,” ujar Romulus Harjo Simanjuntak penggagas budidaya rumput laut.

Dia juga berharap besar, kepada Pemkab khususnya kepada Bupati Batu Bara agar ikut mendorong pertumbuhan budidaya rumput laut warga masyarakat ini.(ebson/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles