29 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Tanaman Dapat Mengirim Sinyal Listrik Bawah Tanah. Begini Caranya

MISTAR.ID

Sebuah studi baru menawarkan pemahaman tentang jaringan tersembunyi dari sinyal listrik bawah tanah.  Sinyal ini ditransmisikan dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Jaringan yang sebelumnya telah terbukti menggunakan jamur Mycorrhizal di tanah seperti rangkaian listrik.

Melalui kombinasi eksperimen fisik dan model matematika yang didasarkan pada persamaan diferensial, para peneliti mengeksplorasi bagaimana pensinyalan listrik ini bekerja, meskipun belum jelas persis pesan apa yang ingin ditransmisikan oleh pabrik.

Pekerjaan ini didasarkan pada eksperimen sebelumnya oleh tim yang sama yang melihat bagaimana fungsi layanan pesan bawah tanah ini, menggunakan stimulasi listrik sebagai cara menguji bagaimana sinyal dilakukan bahkan ketika tanaman tidak berada di tanah yang sama.

Baca juga: Alasan Manusia Lebih Memilih Angka Bulat Dibanding Angka Tidak Teratur

“Kita dapat menggunakan model matematika untuk mensimulasikan proses yang dipelajari pada komputer alih-alih menjalankan eksperimen yang mahal dan panjang,” kata insinyur listrik Yuri Shtessel dari University of Alabama di Huntsville.

Baca juga: Penelitian Terbaru, Mutasi Baru Corona Menyebar Lebih Cepat Tetapi Tidak Berbahaya

Bersama dengan ahli biokimia Alexander Volkov dari Oakwood University, Shtessel menguji komunikasi antara berbagai jenis tanaman dalam pot terpisah, baik dengan dan tanpa celah udara.

Tanpa konduktor listrik yang menghubungkan mereka, koneksi terputus. Dengan kawat perak di tempatnya, jaringan kembali aktif dan beroperasi, yang menunjukkan segala jenis konduktor listrik dapat digunakan untuk ‘komunikasi’ antar tanaman.

Terlebih lagi, jaringan pesan tampaknya tetap di tempatnya dan mengambil bentuk yang serupa di berbagai jenis tanaman. Lidah buaya dan tanaman kubis digunakan dalam penelitian baru, sementara percobaan sebelumnya melihat jenis pensinyalan yang sama antara tanaman tomat. Model-model tersebut menyarankan berbagai jenis tanaman mungkin dapat berkomunikasi dengan cara yang sama.

“Saya pikir sangat mungkin bahwa sinyal dapat merambat melalui jaringan akar dan menyebar di tanah atau tanah yang sama dari tanaman tomat ke, katakanlah, pohon ek,” kata Shtessel. “Tanah memainkan peran sebagai konduktor.”

Sementara penelitian terbaru ini tidak mencapai kesimpulan tegas tentang apa yang dikomunikasikan di antara tanaman, atau seberapa banyak komunikasi yang disengaja atau tidak, itu menunjukkan potensi pesan untuk dikirim tentang ancaman terhadap tanaman, pertumbuhan mereka, atau gerakan tanaman .

Ini juga menunjukkan bahwa jaringan Mycorrhizal di dalam tanah yang sebelumnya diidentifikasi dalam studi lain tidak selalu diperlukan untuk membangun jaringan komunikasi nabati – yang semuanya menimbulkan beberapa pertanyaan menarik untuk studi di masa depan.

Tambahkan ini ke daftar penemuan menarik tentang tanaman – mulai dari bagaimana mereka merespons hingga bagaimana kita akhirnya bisa berkomunikasi dengan mereka – dan penelitian ini memunculkan segala macam jalan yang menarik untuk penelitian di masa depan.

“Tidak ada studi tentang pemrosesan kognitif dari sinyal-sinyal listrik yang dilewati dan diterima oleh tanaman telah tercapai,” kata Shtessel .

“Masalah lain adalah mempelajari komunikasi tanaman melalui gelombang listrik di udara. Ini adalah cerita yang berbeda yang belum dipelajari secara mendalam.
Penelitian ini telah dipublis di Communicative & Integrative Biology. (Science Alert/JA/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: