27.9 C
Medan
Tuesday, January 25, 2022
spot_img

Sekarang Pencarian di Google Semakin Mudah, Berikut Tipsnya

MISTAR.ID
Suka melakukan pencarian informasi melalui Google search? Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mempermudah dan mempercepat detil pencarian Anda.

1. Pakai tanda (*)
Tanda bintang dipakai kalau kita lupa sama sebuah frasa atau kata. Tinggal ditambahkan di ujungnya. Contohnya, Indonesia tak tersusun dari*.

2. Pakai “Define:”
Buat kamu yang ingin tahu arti kata yang lagi hits, cukup tambahin kata “Define:”. Contohnya nih kalau mau cari arti kata anjay, cukup ketik “Define:anjay”.

Baca Juga:Google Maps Memungkinkan Akses Layanan ke Platform yang Lebih Luas

3. Tambah kata “site” di depan kalimat
Penambahan kata “site” berguna untuk kita yang mau mencari sebuah topik berdasarkan kata di situs tertentu. Contohnya, Site:mistar.id Omnibus.

4. Mencari kata yang tepat pakai tanda kutip.
Kita bisa loh cari kata yang kita mau secara spesifik cukup dengan menambahkan tanda kutip. Contohnya “mengatasi depresi”.

5. Filter hasil penelusuran menggunakan “Search Tools.”
Filter ini berguna buat kamu yang ingin langsung ‘to the point’ dan efisien dalam pencarian. Kamu bisa menyaring berdasarkan waktu. ukuran gambar, sampai bahasa yang digunakan.

Baca Juga:Tampilan Google Doodle Ikut Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

6. Menghindari hasil pencarian yang tidak diinginkan.
Buat kalian yang ingin menghindari informasi dari beberapa situs, cukup tambahin tanda pisah (-). Caranya tinggal tambahin tanda pisah. Contohnya: MISTAR.ID-facebook.

7. Menemukan gambar yang tepat di Google.
Kita pasti pernah iseng mau cari asal gambar dari mana. Nah kalian cukup ketik images.google.com terus unggah foto yang kalian punya atau menempelkan URL gambar yang ingin dicari.

8. Pakai kata “OR” kalau kita ragu.
Buat kalian yang ingin mencari kata, nama, topik tapi masih ragu bisa tambahin kata “OR”. Misalnya kita lupa peran Jennifer dalam salah satu film. Kita bisa tambahkan Jennifer Anniston OR Lawrence.

9. Menelusuri waktu dengan tambahan (….)
Kalau kalian mau cari tahu tentang apa aja yang terjadi di antara tahun 1945 – 1998. Kalian bisa menambahkan “…”, contohnya: Sejarah Indonesia 1945 …1998.

Baca Juga:Cara pakai Google Classroom “offline” Solusi Belajar Jarak Jauh

10. Mencari kata tertentu di judul atau URL.
Kalau kita mau cari kata tertentu di URL dan judul, cukup menambahkan “intitle “atau “inurl”. Contohnya kalau mencari kata ‘mistar’, bisa ketik “inurl:mistar”. Kalau mau cari artikel dengan judul yang sama persis tinggal ketik “intitle:mistar”.

11. Cara menemukan situs web yang saling bertautan.
Kalau kalian mau cari situs yang saling bertautan cukup tambahkan kata link. Contohnya, Link:youtube.com/mistar. Nanti Google akan memberikan link YouTube Mistar yang saling bertautan.

12. Cara menemukan situs web yang serupa
Kita bisa menemukan sebuah situs yang juga membahas topik yang sama tanpa harus ribet. Cukup tambahin kata “Related “di depannya. Contoh, Related:Omnibus.(narasinewsroom/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: