Perceraian yang Sehat, Bagaimana Membuatnya Menjadi Mudah

Ilustrasi.(net)

MISTAR.ID–Tidak ada yang masuk ke dalam pernikahan mengharapkan pernikahan itu gagal. Namun, lebih dari 20 persen pernikahan pertama berakhir dengan perceraian dalam waktu lima tahun, dan 48 persen pernikahan berakhir dalam jangka waktu 20 tahun, menurut data 2006-2010 dari Survei Nasional Pertumbuhan Keluarga Pemerintah.

Perpisahan dan perceraian adalah peristiwa yang sulit secara emosional, tetapi mungkin saja terjadi perpisahan yang sehat.

1.Kerjasama, komunikasi dan mediasi
Akhir sebuah pernikahan biasanya menimbulkan banjir emosi termasuk kemarahan, kesedihan, kecemasan dan ketakutan. Terkadang perasaan ini bisa muncul saat Anda tidak mengharapkannya, membuat Anda lengah. Tanggapan seperti itu wajar, dan seiring waktu intensitas perasaan ini akan mereda. Sementara itu, bersikaplah baik pada diri sendiri. Para peneliti menemukan bahwa orang yang baik hati dan penyayang kepada diri sendiri lebih mudah mengatasi kesulitan sehari-hari dalam perceraian.

Baca Juga: Mengapa Wanita Lebih Sering Menginisiasi Perceraian Dibanding Pria?

2.Cobalah untuk tidak menganggap perpisahan sebagai pertempuran. Mediasi perceraian sering kali merupakan alternatif yang baik untuk proses pengadilan. Mencoba menyelesaikan masalah sendiri dapat membuat frustrasi dan merugikan diri sendiri karena masalah yang berkontribusi pada perceraian Anda kemungkinan besar akan muncul kembali selama negosiasi perceraian. Penelitian menunjukkan bahwa mediasi dapat bermanfaat untuk kepuasan emosional, hubungan pasangan dan kebutuhan anak.

3.Duduk dan berbicara dengan calon mantan pasangan mungkin hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi kerja sama dan komunikasi membuat perceraian lebih sehat bagi semua orang yang terlibat. Membicarakan banyak hal dengan psikolog dapat membantu Anda mencapai keputusan terkoordinasi dengan konflik minimal.

Baca Juga: 6 Alasan Perceraian Lebih Sulit bagi Pria Dibanding Wanita

4.Mungkin sulit untuk mengingat detail penting saat emosi semakin tinggi. Pilih waktu saat Anda merasa tenang untuk menuliskan semua poin yang ingin Anda diskusikan. Ketika Anda benar-benar duduk dengan calon mantan pasangan Anda, gunakan daftar itu sebagai panduan Anda. Memiliki “naskah” untuk berbicara dapat menghilangkan sebagian emosi dari komunikasi tatap muka. Jika diskusi tatap muka masih terlalu sulit, pertimbangkan melalui email.

5. Saat anak-anak terlibat. Perceraian bisa menjadi pengalaman traumatis bagi anak-anak, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan anak menyesuaikan diri dengan baik dalam waktu dua tahun setelah perceraian; Di sisi lain, anak-anak sering kali mengalami lebih banyak masalah ketika orang tua tetap berada dalam perkawinan konflik tinggi daripada berpisah. 4 Selama perceraian, orang tua dapat melakukan banyak hal untuk memudahkan transisi anak. Lakukan yang terbaik untuk menjauhkan konflik dari anak-anak. Konflik orang tua yang sedang berlangsung meningkatkan risiko anak-anak terhadap masalah psikologis dan sosial.

Baca Juga: Kiat Berhubungan dengan Anak Anda Pasca Perceraian

Anak-anak menjadi lebih baik jika mereka menjaga kontak dekat dengan kedua orang tua. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki hubungan yang buruk dengan salah satu atau kedua orang tuanya mungkin lebih sulit menghadapi pergolakan keluarga. Program pendidikan orang tua yang berfokus pada peningkatan hubungan antara orang tua dan anak-anak mereka telah terbukti membantu anak-anak menghadapi lebih baik di bulan-bulan dan tahun-tahun setelah perceraian.

6.Jaga dirimu. Perubahan yang disebabkan oleh perpisahan dan perceraian bisa sangat membebani. Tetapi sekarang, lebih dari sebelumnya, penting untuk menjaga diri sendiri. Manfaatkan jaringan dukungan Anda, hubungi keluarga dan teman untuk mendapatkan bantuan dan kenyamanan. Kelompok pendukung formal juga dapat membantu Anda mengatasi banyak emosi akhir perkawinan.

Untuk tetap positif saat Anda memulai babak baru, cobalah terlibat dalam aktivitas yang dulu Anda sukai tetapi sudah lama tidak Anda lakukan. Atau coba hobi dan aktivitas baru. Jaga kesehatan fisik dengan makan yang benar dan berolahraga.

Bagaimana psikolog dapat membantu. Perceraian adalah masa yang sulit bagi seluruh keluarga. Pasangan perceraian dan anak-anak mereka bisa mendapatkan keuntungan dari berbicara dengan psikolog untuk membantu mereka mengatasi emosi mereka dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Psikolog juga dapat membantu Anda memikirkan dengan hati-hati tentang apa yang salah dalam pernikahan Anda sehingga Anda dapat menghindari pengulangan pola negatif dalam hubungan Anda selanjutnya.(AmericanPsychologicalAssosiation/ja/hm02)