Peraturan Tak Tertulis yang Harus Anda Patuhi dalam Pertemanan

Peraturan Tak Tertulis yang Harus Anda Patuhi dalam Pertemanan
Ilustrasi pertemanan.(f:ist/mistar)

MISTAR.ID
Apakah ada kode etik persahabatan? Tentu. Ada beberapa aturan tidak tertulis yang berlaku untuk setiap kumpulan pertemanan. Sebagian besar dari ini sudah Anda ketahui karena merupakan hal yang masuk akal yang diketahui orang-orang sejak mereka membangun pertemanan saat usia sekolah menengah.

Masalahnya adalah, sebagian orang mungkin tidak tahu tentang hal-hal kecil ini:

1. Jangan Mencuri Temannya Teman Anda
Sebagian orang menyarankan untuk ‘mencuri’ teman-teman Anda sebagai cara untuk meningkatkan lingkaran sosial Anda, tetapi pertimbangkan skenario ini, Anda memperkenalkan dua teman yang sampai saat itu belum saling kenal.

Anda bertiga bersenang-senang, tetapi segera setelah itu, Anda tidak bisa menghubungi salah satu teman. Panggilan dan email Anda diabaikan, dan Anda kemudian mengetahui bahwa teman Anda telah bergaul dengan teman lain yang Anda perkenalkan. Teman Anda sekarang melakukan hal-hal dengan teman Anda yang biasa mereka lakukan dengan Anda.

Baca Juga:Bersahabat Dengan Masker, Yuk Kenali Bahan Dan Kemampuan Menangkal Virus

Apakah itu membuat Anda merasa baik? Tidak, itulah sebabnya Anda tidak ingin melakukan ini kepada orang lain. Merupakan hal yang menyenangkan untuk memperkenalkan teman satu sama lain dan bahkan mendorong mereka untuk saling mengenal, tetapi Anda harus menyertakan teman yang memperkenalkan Anda agar mereka tidak merasa tersisih.

2. Tunggu Giliran dan Biarkan Teman Anda Bersinar
Idealnya, persahabatan adalah tentang berbagi, yang berarti bahwa Anda masing-masing bergiliran memutuskan kegiatan mana yang akan dilakukan, tempat bertemu, dan siapa yang harus menjawab. Tetapi bergantian dalam berkeputusan sebenarnya lebih dari itu. Sebagai teman perlu berbagi pusat perhatian, memberi dan menerima empati secara setara, dan tidak pernah menerima begitu saja.

Sikap-sikap seperti, mundur selangkah saat mereka menerima perhatian dari teman lain, memberikan dukungan saat mereka membutuhkannya (dan bukan hanya saat Anda merasa nyaman), mendengarkan mereka selama percakapan (jangan hanya berbicara tentang Anda), memuji mereka dengan tulus di depan teman lainnya untuk pencapaian mereka dan masih banyak hal lain yang bisa Anda tunjukkan bahwa ada saatnya masing-masing dari kita untuk bersinar.

3. Selalu Ada untuk Situasi Suka dan Duka
Jangan hanya ada di saat mereka dalam situasi baik dan senang. Ketika Anda harus sedikit direpotkan ketika mereka dalam situasi yang tidak baik, maka di saat itulah ketulusan pertemanan Anda dipertanyakan. Pastikan Anda ada di saat terburuk mereka, maka Anda juga yang paling mereka ingat ketika mereka sedang merayakan kebaikan dan kesenangan.

Baca Juga:Buat Rekan Kerja Menjadi Sahabat Anda dengan 5 Aturan Ini

4. Hargai Waktu Mereka
Selalu ada teman yang akan datang telat setiap kali Anda merencanakan pertemuan seperti makan siang bersama. Jika itu bukan disebabkan alasan yang logis dan sudah menjadi kebiasaaan, Anda pasti suka merasa kesal meskipun orang it adalah teman baik Anda. Biasakan tepat waktu ketika Anda sudah berjanji untuk sesuatu hal, terutama ketika itu tentang situasi buruk yang dialami oleh teman Anda. Memang dia yang memerlukan Anda, tetapi Anda tidak harus membuatnya menungggu hanya untuk berbicara dengan Anda.

5. Jangan Berkencan dengan Mantan Teman
Meskipun teman Anda sudah berkencan dengan seseorang yang baru, bukan hal yang bijak untuk berkencan dengan mantannya. Alasan pertama, Anda perlu mendukung teman Anda melalui putusnya hubungan mereka, termasuk mendengarkan mereka, berempati, dan membela mereka jika perlu.

Dan ketika Anda memutuskan untuk berkencan dengan mantannya, Anda akan dianggap sebagai orang yang mengkhianati teman sendiri, apapun itu alasannya. Hal kedua, ketika teman Anda melupakan mantan, akan aneh jika mereka melihat Anda bersama orang tersebut.

Apakah ada pengecualian untuk aturan ini ? Kadang-kadang, dengan waktu yang berlalu, tidak akan sulit bagi teman Anda untuk melihat Anda bersama mantannya. Ini bisa terjadi ketika mereka telah sepenuhnya ‘move-on’ dan berharap Anda dan mantan baik-baik saja. Jika Anda ragu untuk berkencan dengan mantan teman, sebaiknya bicarakan dulu dengannya.(liveabout/ja/hm10)