7.3 C
New York
Friday, March 29, 2024

Buat Rekan Kerja Menjadi Sahabat Anda dengan 5 Aturan Ini

MISTAR.ID
Rekan kerja ataupun atasan Anda menjadi orang-orang yang selalu terlibat di tempat kerja Anda dan tanpa mereka Anda tidak akan bisa melakukan hubungan sosial Anda di kantor.

Baik atau buruknya rekan kerja, selalu ada beberapa yang bisa Anda jadikan penyemangat dan pendukung ketika Anda memerlukan orang untuk berbagi masalah.

Namun, alangkah baiknya sebelum menjalin hubungan pertemanan yang lebih dekat, coba terapkan aturan berikut yang kelak bisa mempermudah Anda untuk bergaul secara baik.

Baca Juga:Nyeri Leher Saat Bekerja? Ini Trik Pencegahannya

Jangan melewati batasan dengan atasan Anda
Manajer Anda mungkin tipe yang menyenangkan dan ramah namum bagaimanapun mereka tetap atasan Anda. Anda dapat dengan santai mengungkapkan pikiran Anda dan jujur ​​tentang banyak hal dan mencari nasihat berpengalaman dari mereka.

Itu normal dan sehat. Namun, yang perlu Anda ingat adalah apa yang Anda pilih untuk didiskusikan dengan atasan Anda. Komentar cepat atau diskusi kontroversial dan beropini dapat membuat atasan Anda melihat Anda dari sudut pandang yang berbeda, dan dalam prosesnya, Anda mungkin kehilangan rasa simpati di mata mereka.

Ini juga berlaku saat Anda mengirimkan materi atau laporan kerja. Bersikap terlalu ramah dalam aspek itu dapat mengancam status Anda di kantor.

Tidak pemilih dalam berteman
Teman dalam berkelompok adalah pemandangan umum di kantor. Baik saat jam makan siang kantor atau saat menikmati rehat kopi sebentar. Orang yang memiliki minat yang sama selalu terikat dengan cepat dan akan membentuk kelompok. Itu biasa.

Namun, jangan pilih-pilih saat memilih teman kerja Anda. Hal ini tidak hanya akan menjauhkan Anda dari kolega lain, tetapi ada kemungkinan besar mereka mulai tidak menyukai Anda, membuat pekerjaan Anda semakin sulit dalam prosesnya. Jadi, terkadang perlu juga memulai percakapan singkat dengan orang lain, untuk tidak membuat mereka merasa tersisih.

Baca Juga:Meningkatkan Kinerja Saat Bekerja dari Rumah Sesuai Zodiak Anda

Lebih memperhatikan
Tempat kerja terdiri dari orang-orang yang berbeda dari tempat yang berbeda ke gaya hidup yang berbeda. Beberapa mungkin tinggal di lingkungan yang sama dan sudah menikah, sementara yang lain lebih suka berpesta.

Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkan waktu dan jadwal setiap orang saat mencoba mengajukan sebuah pertemuan bersama mereka. Semua orang ingin nongkrong tetapi terkadang tidak bisa karena mereka terikat dengan jadwal atau prioritas harian mereka.

Bersikaplah fleksibel dan perhatian daripada mengatakan bahwa Anda tidak dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka. Misalnya, jika Anda sedang merencanakan suatu acara, pastikan Anda memilih waktu yang sesuai untuk semua orang terutama yang sudah menikah dan memiliki anak karena mereka juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar di rumah.

Jangan terburu-buru membuat ikatan
Sebelum Anda mulai merencanakan acara sosial dan pesta dengan mereka, pastikan mereka juga mengetahui potensi Anda sebagai pekerja keras di kantor.

Karenanya, tingkatkan reputasi Anda terlebih dahulu. Jika Anda terburu-buru mencari teman dan tidak memberi waktu, itu bisa menghasilkan persahabatan yang tidak ada nilainya. Jadi bijaklah dan ambil langkah hati-hati di awal.

Baca Juga:Lantik Pejabat Eselon II dan III, Gubsu: Kalian Bukan Superman, Harus Bekerja Sama 

Jadilah dirimu sendiri
Untuk berbaur dengan lingkungan kantor, Anda mungkin merasa terdorong untuk bertindak sesuai dengan tindakan rekan kerja dan atasan. Anda mungkin merasa cenderung untuk bertindak dengan cara tertentu agar mudah berbaur dengan budaya perusahaan.

Tapi, aturan emas dalam persahabatan selalu bertahan. Selalu menjadi dirimu sendiri. Berpura-pura menjadi orang lain bisa melelahkan dan juga bisa menguras energi Anda. Sebaliknya, jadilah diri sendiri, bicarakan tentang pandangan dan opini Anda dan kemukakan selera dan ketidaksukaan Anda.

Beberapa mungkin menentang itu tetapi yang lain mungkin menghargai Anda karena berani menjadi diri sendiri. Banyak yang akan menyukai Anda untuk Anda. Kemudian Anda pasti akan mengembangkan persahabatan yang nyata dan jujur.

Patuhi aturan sederhana ini dan Anda tidak akan mengalami masalah dalam berhubungan dengan rekan kerja Anda, karena pada akhirnya aturan tersebut membuat hari Anda lebih mudah dan pekerjaan Anda tertahankan.(toIwork/ja/hm10)

Related Articles

Latest Articles