32 C
Medan
Friday, July 1, 2022
spot_img

Mengapa Hanya 10 Persen Orang yang Kidal, Ini yang Diketahui Ilmuwan

MISTAR.ID
Jika Anda kebetulan memiliki banyak teman kidal, Anda mungkin memperhatikan betapa jarangnya mereka. Jadi mengapa hanya 1 dari 10 dari kita yang kidal?

Meskipun tidak ada yang bisa menjelaskan hal ini secara pasti, ada banyak hipotesis yang telah dibangun selama lebih dari satu abad, dan bukti menunjukkan beberapa jenis pengaruh genetik. Mengapa? Karena persentase orang kidal kira-kira sama, di mana pun Anda melihat di seluruh dunia.

Bagi Anda yang menendang bola secara teratur, Anda akan menyadari bahwa ada asimetri alami di seluruh tubuh kemungkinan besar Anda akan memilih satu kaki di atas kaki lainnya saat menendang.

“Asimetri ini dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari kaki kita hingga telinga, mata, dan tata letak otak,” Hannah Fry menjelaskan. Jika Anda memegang ibu jari sejauh lengan, lalu melihatnya menggunakan satu mata dan kemudian mata lainnya, mata yang menunjukkan ibu jari yang paling dekat dengan Anda adalah mata terkuat Anda.

Baca Juga:Penggunaan Hand Sanitizer, Ini Efeknya Pada Kulit Tangan

Demikian pula, Anda mungkin cenderung menjawab telepon atau menguping dari balik pintu tertutup dengan satu telinga, itulah telinga terkuat Anda.

Tapi mengapa orang kidal dan tidak kidal lahir dengan rasio sekitar 50:50? Beberapa ahli berpendapat, bahwa kerja sama sosial yang dimainkan selama ribuan tahun, telah memberikan pengaruh dominan. Dengan kata lain, ketika komunitas bertindak bersama, dalam hal berbagi alat dan ruang hidup, menggunakan tangan yang sama dengan orang lain dan terlihat dengan manfaatnya penggunaannya.

Yang lain berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan cara otak diatur dalam dua belahan, dengan separuh kiri mengendalikan sisi kanan tubuh, dan separuh kanan mengendalikan sisi kiri tubuh.

Jika otak kebanyakan orang menggunakan belahan kiri untuk mengontrol bahasa intensif dan keterampilan motorik halus, demikian pemikirannya, bias itu mengakibatkan tangan kanan menjadi lebih dominan juga.

Faktanya, salah satu hipotesis yang lebih tidak biasa untuk menjelaskan kelangkaan kidal adalah bahwa mutasi genetik di masa lalu kita, menyebabkan pusat bahasa otak manusia bergeser ke belahan kiri, secara efektif menyebabkan tangan kanan mendominasi, Alasdair Wilkins menjelaskan pada tahun 2011.

Dan sementara, genetika kemungkinan besar memainkan peran besar dalam menentukan kidal, mungkin itu bukan jawaban secara keseluruhan. Orang tua kidal lebih cenderung memiliki anak kidal, preferensi yang bahkan dapat dilihat di dalam rahim, dan mereka berpeluang cenderung memiliki lebih banyak anak kidal.

Baca Juga:Virus Corona Bukan Buatan Manusia Ataupun Hasil Modifikasi Genetik

Para peneliti telah berjuang untuk mengidentifikasi dengan tepat gen mana yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kemungkinan menjadi orang kidal.

Selain itu, penelitian lain telah mengaitkan faktor-faktor seperti tingkat estrogen dan posisi lahir.
Singkatnya, tampaknya ada banyak pertimbangan yang berperan, dan para peneliti mengalami kesulitan untuk menggabungkan semuanya.

Itu berarti mereka belum dapat memberi tahu Anda dengan tepat mengapa Anda dilahirkan dengan tangan kiri atau kanan, tetapi para ilmuwan jelas sedang bekerja keras untuk menemukan jawabannya.(sciencealert/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: