30.6 C
Medan
Monday, May 23, 2022
spot_img

Memposisikan Meja Kerja Untuk Mengoptimalkan Produktifitas

MISTAR.ID

Memilih meja yang tepat untuk kantor Anda cukup sulit. Setiap arah, baik menuju pintu, jendela atau dinding memiliki pro dan kontra tersendiri. Meskipun beberapa orang mengatakan sebaliknya, tidak ada jawaban yang benar universal untuk semua orang saat mencari tahu penempatan meja di kantor.

Terkadang kendala ruang menentukan ke mana meja kantor Anda harus diletakkan, tetapi jika Anda diberi kesempatan untuk opsi penempatan meja, Anda harus memanfaatkannya. Pertimbangkan kebiasaan kerja, gangguan, dan bagaimana Anda membayangkan diri Anda bekerja secara efektif. Lihatlah keuntungan dan kerugian dari setiap arah meja, lalu pilih yang paling cocok untuk Anda untuk mengoptimalkan produktivitas.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Meja Anda harus jauh berhadapan dengan gangguan visual. Bagi beberapa orang, menempatkan meja mereka menghadap dinding adalah arah yang mereka sukai karena membatasi gangguan dengan membantu Anda menghindari pandangan ke luar jendela atau melihat orang melewati pintu Anda. Juga dikatakan bahwa itu mengakibatkan Anda membatasi diri dengan sisa ruangan.

Baca juga: Agar Postur Tubuh Tetap Ideal Saat Kerja di Rumah, Ini Caranya

Bergantung pada ukuran kantor Anda, menghadap ke dinding dapat membatasi Anda hanya di sudut kecil yang memicu klaustrofobia (fobia dalam ruang tertutup). Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini, jika ruang memungkinkan, adalah dengan menempatkan meja Anda di tengah ruangan tetapi tetap menghadap ke dinding.

Ada beberapa solusi untuk dicoba, tergantung pada apa yang Anda butuhkan dari meja dan kantor Anda. Menghadapkan meja Anda ke belakang atau dinding samping membantu Anda membatasi gangguan (dengan mencegah ‘menatap jendela’ atau mengamati orang), tetapi dapat menyebabkan Anda merasa sedikit sesak karena tidak dapat melihat ke luar kantor.

Menghadapkan meja Anda jauh dari dinding dapat mendorong perasaan terbuka dan mendorong percakapan dan kolaborasi, tetapi hiruk-pikuk kantor luar yang terus-menerus terbukti sangat mengganggu.

Jika Anda tidak tahan membayangkan pemandangan yang sama hampir setiap jam di hari kerja, Anda mungkin ingin meletakkan meja Anda menghadap jendela.  Pandangan yang berubah-ubah di luar jendela dapat membuktikan inspirasi, atau setidaknya membantu otak Anda beristirahat di antara tugas-tugas. Masuknya sinar matahari juga dapat membantu Anda mempertahankan suasana hati yang positif, bahkan di bulan-bulan yang lebih mendung.

Jika Anda khawatir tentang gangguan lebih lanjut, hadapkan meja Anda ke arah dinding tetapi dengan jendela di satu sisi. Memposisikan meja di depan atau di dekat jendela sering kali merupakan jalan tengah yang sempurna dan pilihan populer bagi kebanyakan orang.

Hindari punggung Anda ke pintu / pintu masuk. Jika Anda tidak mudah terganggu dan memiliki banyak melakukan kontak langsung di kantor Anda, atau jika Anda bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh kantor, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memposisikan meja Anda untuk menghadap ke pintu atau pintu masuk Anda.

Penempatan ini memungkinkan rekan kerja Anda untuk langsung mengukur seberapa sibuk Anda sehingga mereka dapat keluar masuk dengan mudah tanpa perlu khawatir akan mengganggu panggilan telepon.

Tempatkan meja Anda sesuai dengan kenyamanan Anda bekerja dan kebutuhan pekerjaan Anda. Ketika sampai pada penempatan meja yang sempurna, Anda akan memiliki banyak pilihan. Temukan satu yang paling sesuai untuk kebutuhan spesifik Anda dan kondisi ruangan kantor Anda – dan lihat seberapa produktif Anda saat meja Anda berada di tempat yang seharusnya.(turnstone/ja/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: