Liburan di Rumah, Yuk Main Game Terbanyak Diunduh 2020 ‘Among Us’

Ilustarsi (ist/mistar)

MISTAR.ID

“Jangan ada impostor di antara kita” mungkin slogan ini paling cocok disebutkan di saat Anda bermain game ini dengan teman Anda.

Beberapa bulan terakhir ini game ‘Among Us” semakin digemari para gamers. Simpel. mudah dimainkan, unik dan enggak bikin memori hp penuh menjadi alasan game ini terbanyak diunduh sepanjang tahun 2020 baik di IOS maupun Android.

Sebuah lembaga riset aplikasi bernama Sensor Tower menobatkan Among Us sebagai game terlaris dengan total unduhan hingga 85 juta kali di perangkat IOS dan Android. Dan game ini berhasil menggeser posisi gane tenar lainnya seperti PUBG Mobile dan Free Fire.
Tampilan yang lebih simpel, menyenangkan, dan cuma-cuma menjadikan game ini banyak digemari dan kian meroket kala pandemi.

Baca juga: Topan Kammuri Hantui Penyelenggaraan SEA Games Filipina

Kebanyakan orang mencari hiburan untuk melepas penat. Bahkan YouTuber pecinta game online pun memperkenalkan Among Us kepada subcribers-nya dan mengadakan adu tanding secara daring.

Game multi-pemain ini, bisa dimainakn di komputer maupun perangkat seluler. Dirilis sejak 2018, awalnya merupakan game di mana para pemain di pesawat luar angkasa berusaha membasmi alien penipu sebelum membunuh semua orang. Skema permainan dalam game ini mirip dengan Mafia dan Werewolf. Para pemain diminta menebak dan mencari pelaku utama. Permaiana akan berakhir, jika Mafia atau Werewolf berhasil tertangkap atau jika semua orang mati, dan si pelaku utama bebas.

Baca juga: Terkait Komisi 30%, Apple Tutup Akun Epic Games Milik Fortnite

Sementara di Among Us, Crewmate da nImpostor adalah dua istilah yang tak asing bagi pemainnya. Crewmate adalah teman seperjuangan yang memiliki visi dan misi yang sama yaitu bertahan hidup dengan cara memperbaiaki kerusakan pesawat luar angkasa. Sedangkan Impostor adalah penjahat yang menyamar sebagai Crewmate (teman). Impostor punya tugas menyabotase dan membunuh satu atau dua anggota awak pesawat yang tak bersalah.

Kemampuan persuasif, manipulatif dan mencari kambing hitam mutlak diperlukan dalam memainkan game ini. Skenario imajiner ini seringkali dianggap sebagai refleksi atas suramnya realitas politik yang terjadi pada dunia nyata. Bahkan baru-baru ini Game Among Us juga menjadi referensi satir para warganet untuk mengkritik DPR.

Kepopuleran game besutan pengembang Innersloth ini juga menarik perhatian anggota kongres termuda AS, Alexandria Ocasio-Cortez (AOC). Bahkan ia membuat akun Twicth untuk live-streaming memainkan Among Us. Dan pada sesi live selama 3 jam itu, penontonnya membludak dan menyentuh angka 439 ribu orang. Angka tersebut merupakan puncak tertinggi ketiga dalam catatan penonton platforn streaming game. (NarasiNewsroom/JA/hm06)