30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Senam Wajah Bikin Cantik dan Awet Muda, Ini Caranya

MISTAR.ID

Meski usia sudah di atas 40-an, hampir semua wanita ingin terlihat tetap cantik dan awet muda. Tetapi jangan buru-buru untuk suntik vitamin atau malah nekat operasi plastik apa lagi sulam wajah. Karena ada cara lain yang lebih menjanjikan dan tetap sehat alami.

Senam wajah bisa memiliki manfaat untuk kecantikan kulit jika dilakukan secara
konsisten. Senam wajah bisa membantu menjaga kulit tetap kencang dan cantik, sehingga terlihat awet muda

Wakil ketua dan dosen dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine. Penelitian yang dilakukannya menunjukkan adanya manfaat senam wajah bagi kecantikan kulit. Latihan tersebut terdiri dari pengencangan, peregangan, dan pengangkatan otot pipi serta otot di sekitar mulut dan mata.

Baca juga: Tips Kecantikan, Yuk Hilangkan Si Kantong Mata dan Lingkaran Hitam

Penelitian tersebut mengungkap ada 16 wanita yang menyelesaikan program senam
wajah selama 20 minggu berhasil memperoleh wajah tiga tahun lebih muda. Namun,
dermataolog menyebutkan bahwa hasil yang didapatkan membutuhkan motivasi tinggi
dan konsisten saat melakukan senam wajah dalam waktu yang lama.

Latihan yang disebutkan pun memakan waktu 20-30 menit per hari selama 6-7 hari per
minggu. Hasilnya baru terlihat saat memasuki minggu ketiga atau keempat. Namun, tidak
ada salahnya jika Anda tertarik mencoba melakukan senam wajah di rumah.

Senam ini tidak hanya memiliki manfaat yang baik bagi wajah tetapi bagian leher juga.
Cara melakukan senam wajah pun sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja.
Melansir dari jovee.id, berikut cara senam wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di
rumah, yaitu:

1. Pemanasan

Cara senam wajah pertama yang dilakukan adalah gerakan sederhana untuk kelancaran
seluruh sirkulasi darah.

  • Jatuhkan rahang seperti ketika sedang menguap. Rasakan sensasi yang ada di bagian pipi.
  • Gerakkan pandangan dari tegak lurus ke arah atas atau langit-langit tanpa menggerakkan otot dahi.
  • Tahan selama 10 detik, lakukan tanpa menahan nafas.
  • Ulangi dua kali sehingga total waktunya mencapai 30 detik.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Kulit

2. Bagian Leher

Selanjutnya bagian leher, berfungsi untuk melepaskan ketegangan dan mengencangkan
area leher. Peregangan ini juga dapat menguatkan rahang.

  • Buat bahu rileks, gerakkan dagu ke salah satu sisi dan agak ke atas sekitar 45 derajat.
  • Condongkan bibir membentuk gerakan mencium.
  • Tahan selama 10 detik dan terus bernafas.
  • Ganti arah dan ulangi gerakan tersebut sebanyak dua kali untuk masing-masing sisi
    sehingga ada total waktu 30 detik untuk tiap sisi.

3. Bagian Dahi

Cara senam wajah pada bagian dahi, seperti:

  • Letakkan kedua jemari tangan di atas dahi sambil membentuk tanda V terbalik, naikkan
    sedikit ke atas.
  • Tetap pertahankan bahu yang rileks dan dagu sedikit naik, tarik nafas dan keluarkan
    selama 10 detik.
  • Gerakkan kedua telapak tangan yang semulanya terbuka dari sisi samping ke arah
    menutup mata dan rasakan sensasinya.
  • Ulangi sebanyak dua kali sehingga total waktunya mencapai 30 detik.

4. Bagian Mata

Pada bagian mata, Anda perlu menahannya agar tidak mengernyitkan dahi.

  • Buat jari salah satu tangan membentuk huruf C. Letakkan jari telunjuk tersebut di atas
    alis di sekitar tulang mata.
  • Posisikan jempol tangan tersebut di samping hidung, tepat di atas nostril. Tekan jari ke
    arah bawah kemudian ke arah samping.
  • Buat bahu tetap rileks, buka mata selebar yang kamu bisa. Tahan hingga 5 detik selagi
    menekan telunjuk tersebut ke alis dan pastikan alis dan dahi tidak bergerak.
    Sipitkan mata sebanyak lima kali sebelum akhirnya menutup mata dan rileks selama
    beberapa detik.
    Ulangi gerakan ini dua kali untuk total waktu 30 detik. Ulangi juga dengan tangan yang
    satunya.

5. Bagian mulut

Jangan lupakan bagian mulut saat senam wajah. Gerakan ini berfungsi sebagai
stimulasi agar bibir terlihat berisi.

  • Taruh kedua telunjuk di ujung bibir.
  • Buat gerakan tersenyum sehingga seluruh baris depan gigi dapat terlihat.
  • Pastikan kedua sisi mulut berada pada level yang sejajar.
  • Tekuk lidahmu sedikit. Ambil 5 detik untuk menggerakkannya secara perlahan ke kanan
    atau kiri. Lakukan gerakan itu lagi selama lima detik ke sisi sebaliknya.
  • Ulangi dua kali lagi agar mendapat total waktu 30 detik. Ingatlah untuk tetap bernafas.
    Gerakan senam wajah cukup mirip dengan yoga. Anda hanya perlu tekun dan konsisten
    saat melakukan senam wajah ini. Jika Anda masih bingung dan merasa belum benar
    melakukannya, tidak ada salahnya Anda melakukan senam wajah bersama dengan
    ahlinya. (momsmoney/hm06)
spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: