30.6 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Kulit

Jakarta, MISTAR.ID

Bawang putih, bumbu dapur yang satu ini selain sangat nikmat jika digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata juga punya manfaat besar untuk kesehatan kulit!

Bawang putih mengandung senyawa sulfur aktif, protein, serat dan vitamin C yang dipercaya bisa memberi efek positif bagi kulit.

Melansir Times of India, inilah 5 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit.

Baca Juga:Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang membesar bisa disebabkan karena wajah yang jarang dibersihkan sehingga pori-pori tersumbat minyak dan kotoran. Untuk mengecilkan pori-pori, bisa menggunakan bawang putih.

Caranya, haluskan sesiung bawang putih dan campurkan dengan satu buah tomat matang bisa dengan blender atau diulek saja. Oleskan pasta dari campuran yang ada ke area yang memiliki pori membesar, diamkan selama 10 menit baru basuh hingga bersih.  Campuran bawang dan tomat ini bisa mengecilkan pori dan membersihkan wajah.

  1. Mengusir jerawat

Geprek satu siung bawang putih sampai cairan atau jus di dalamnya keluar. Oleskan ekstrak jus bawang putih pada jerawat, lalu diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca Juga:Bahaya Bawang Putih untuk Hidung Tersumbat

  1. Menghilangkan stretch mark

Bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Caranya, geprek bawang putih hingga halus dan campurkan dengan olive oil atau minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran ini ke area stretch mark yang ada. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

  1. Mengatasi ruam gatal dan peradangan

Jika muncul ruam atau radang pada kulit yang disebabkan karena alergi, gunakan saja bawang putih. Geprek hingga keluar minyaknya, dan oleskan minyaknya ke ruam-ruam merah gatal yang ada. Bawang putih mengandung zat anti-inflamasi yang baik untuk mengobati peradangan.

Baca Juga:Rahasia Bawang Putih dan Jahe Ampuh Atasi Penyakit

  1. Menghambat penuaan dini

Jika diaplikasikan rutin, bawang putih bisa menghambat munculnya tanda pada proses penuaan seperti keriput.

Caranya mudah, geprek bawang putih, campurkan dengan madu dan perasan lemon. Kemudian minum ramuan yang ada rutin setiap pagi. Ramuan ini bisa menunda munculnya keriput yang biasanya bersarang pada ujung-ujung mata, dahi dan ujung bibir. (nakita/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: