28.9 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Sofa Kulit

Jakarta, MISTAR.ID

Tahukah Anda bahwa sofa berbahan kulit membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya. Kalau tidak hati-hati, material kulitnya bisa tergores-gores, sobek, hingga memudar warnanya.

Melansir dari The Spruce, kira-kira apa saja kesalahan dalam merawat sofa berbahan kulit?

  1. Menempatkan sofa di area yang terkena panas

Sebaiknya Anda jangan meletakkan sofa berbahan kulit terlalu dekat dengan jendela. Apabila terpapar sinar matahari terlalu lama, bisa berisiko merusak material kulit sofa tersebut. Begitupun, dengan perabotan yang memancarkan panas, seperti kulkas, TV, atau microwave.

Baca Juga:Tren Desain Interior yang Akan Merajai Tahun 2021

Bahan kulitnya bisa mengering dan retak-retak, hingga kemungkinan bisa sobek. Selain itu, warnanya juga jadi memudar, sehingga tampak kusam karena kehilangan warna aslinya.

  1. Menyimpan majalah di atas sofa

Anda pasti sering membaca di ruang tamu. Setelah itu, jangan menyimpan majalah, koran, atau buku sembarangan di atas sofa kulit, ya. Percaya atau tidak, kemungkinan gambar di majalah bisa menempel ke sofa kulit. Terutama, halaman majalah dengan warna-warna terang atau buku gambar yang dilukis dengan krayon.

  1. Jarang mengubah posisi bantal sofa

Bantal-bantal yang disimpan terlalu lama di atas sofa pasti akan menimbulkan bekas. Hal ini lantaran, sofa kulit mampu mempertahankan bentuk aslinya. Terutama, jika posisi bantal jarang diubah, bekasnya pasti sulit dihilangkan.

Baca Juga:Bagaimana Memilih Meja Yang Tepat Untuk Ruang Tamu Anda

Sebaiknya, Anda rutin mengubah letak bantal, mencuci dan mengganti sarungnya, serta menepuk-nepuk busa bantal tersebut.

  1. Jarang membersihkan debu di sofa

Sofa perlu dibersihkan setiap minggu. Minimal hilangkan saja debu yang menempel di permukaannya. Gunakan air bersih dan lap debunya dengan kain microfiber. Bisa juga dengan vacuum cleaner yang aman tanpa merusak lapisan kulitnya.

  1. Menggunakan produk pembersih yang tidak tepat

Hindari sabun, deterjen serta cairan pembersih dengan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak material kulit sofa. Untuk membersihkan sofa, Anda hanya perlu air hangat, lap untuk membersihkan debunya, serta kain mikrofiber untuk mengeringkan. Bisa juga menggunakan larutan cuka dan air bersih untuk menghilangkan noda pada sofa berbahan kulit. (nakita/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: