10.1 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Cara Mengutarakan Pendapat di Tempat Kerja Tanpa Menyinggung Orang Lain

MISTAR.ID–Memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk berbicara di tempat kerja merupakan situasi yang cukup kritis. Ini penting pada tingkat pribadi karena dapat berdampak langsung pada karier Anda baik secara positif maupun negatif. Jika Anda melakukannya dengan benar, hal itu dapat meningkatkan karier dan pekerjaan Anda.

Tetapi jika Anda melakukannya dengan tidak tepat, hal itu dapat berdampak negatif tidak hanya pada karier Anda tetapi juga pada orang-orang di sekitar Anda. Karenanya, kami berpikir untuk berbagi cara agar Anda dapat berbicara di tempat kerja tanpa menyinggung perasaan siapapun.

Berbicara dengan jelas
Ini adalah kunci untuk berbicara tanpa terkesan menyinggung. Anda perlu membuat opini Anda agar diketahui atau meminta apa yang Anda inginkan dengan cara yang sangat jelas tanpa merendahkan orang lain. Jangan bermain-main dengan nada tinggi dan rendah Anda, pertahankan suara Anda senormal mungkin.

Baca Juga: Begini Cara Memimpin Tanpa Bersikap Seperti Bos

Tetap tenang
Ada kalanya Anda menyatakan pendapat dan situasi percakapan mulai memanas. Perbedaan pendapat itu wajar di tempat kerja. Tetapi Anda harus fokus untuk tetap tenang dan terkendali dalam setiap situasi. Jika menurut Anda perilaku orang lain sudah mulai memancing emosi Anda, lanjutkan diskusi hanya ketika Anda sudah menenangkan diri.

Persiapkan diri
Setiap orang cenderung merasa lebih percaya diri saat mereka siap. Ini berfungsi sebagai pesona diri setiap kali ingin membuat percakapan serius di tempat kerja Anda. Baik itu ide proyek baru atau kenaikan gaji yang ingin Anda bicarakan, selalu persiapkan diri baik itu dengan data atau apapun yang diperlukan. Itu membuat Anda terdengar tegas dan percaya diri dengan apa yang Anda inginkan dan Anda juga tahu pilihan kata Anda.

Baca Juga: Pentingnya Delegasi dalam Kepemimpinan  

Gunakan bahasa tubuh Anda
Saat Anda harus menyatakan apa yang Anda inginkan di tempat kerja, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan bahasa tubuh yang positif. Jaga postur Anda tetap lurus dan gunakan bahasa tubuh secara terbuka. Tatap matanya dan jangan mengencangkan rahang atau mengencangkan otot wajah Anda. Tersenyumlah dari waktu ke waktu dan itu pasti akan membantu Anda terdengar lebih baik.

Bersikaplah nyaman ketika mengatakan TIDAK
Memiliki kemampuan untuk mengatakan TIDAK akan benar-benar membantu Anda berbicara tanpa bermaksud menyinggung perasaan. Ada kalanya manajer atau atasan langsung Anda terus membebani Anda dengan lebih banyak pekerjaan. Jika Anda secara terus menerus diberikan beban kerja tersebut dengan cara tidak fair, Anda harus merasa cukup nyaman untuk mengatakan tidak.(TimesofIndia/ja/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles