Cantiknya Belalang Sembah ‘Miss Frilly Pants’ yang Menyerupai Bunga

ditemukan antara semak-semak lavender adalah belalang sembah
Belalang Sembah.(f:ist/mistar)

MISTAR.ID
Pada suatu hari di bulan September di Afrika Selatan, Margaret Neville mendapati sesuatu yang menarik di taman belakang rumahnya.

Yang ditemukan antara semak-semak lavender adalah belalang sembah yang telah berevolusi menjadi sangat “berbunga” sebagai metode kamuflase.

Belalang sembah yang ditemukan oleh Neville adalah seekor betina dengan pola pusaran besar di punggungnya dan tonjolan yang terlihat seperti kuncup lavender di sepanjang kakinya.

Baca Juga:Inilah Zat Kimia Pemicu Wabah Belalang Tahun Ini dan Pencegahannya

Terkejut dengan kecantikan serangga itu, Neville menamai belalang sembah “Miss Frilly Pants” mengacu pada “pantalon” ungunya.

“Alam selalu ada berbagi dengan kita,” jelas Neville. Sejak berbagi penemuannya, belalang Miss Frilly Pants kini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Belalang Sembah ketika singgap di bunga.(f:ist/mistar)

Gambar dan video Miss Filly Pants juga bisa dilihat di halaman Facebook Waterfall Retreat & Environmental Center. Pada akhir September, halaman tersebut mengumumkan bahwa belalang sembah yang tidak biasa itu telah menemukan pasangannya, belalang sembah jantan.

Baca Juga:40 Juta Belalang Tutupi Area 15 Kilometer Persegi

Ada banyak spesies belalang sembah di seluruh dunia. Belalang sembah anggrek adalah jenis lain dari belalang sembah bunga. Tubuh belalang betina ini lebih besar dan warnanya lebih cemerlang, dengan kaki yang tampak seperti kelopak bunga anggrek.

Mereka menunggu serangga mendekati mereka, untuk tertipu oleh penampilan bunganya. Namun, jantan tidak berevolusi dengan kamuflase bunga. Mereka lebih kecil dengan warna yang kusam.

Sementara penampilan betina adalah jebakan yang penuh berwarna-warni, dan jantan harus berburu daripada menunggu mangsanya. Peneliti evolusi percaya bahwa perbedaan dalam strategi berburu berdasarkan gender ini dan pengaruhnya terhadap evolusi di antara jenis arthropoda (laba-laba dan serangga).

Baca Juga:Ribuan Belalang Nimfa Muncul Di Sumba Timur

Nama liris “Miss Filly Pants” dianggap cocok untuk belalang sembah bunga. Spesies belalang sembah lainnya memiliki nama yang inventif, termasuk ” Belalang sembah biola”, ” Belalang sembah Unicorn”, dan ” Belalang sembah Setan”. Tidak dapat disangkal bahwa Miss Frilly Pants dan spesies belalang lainnya terlihat aneh seperti namanya.(mymodernmet/ja/hm10)