5 Cara Mencaritahu Siapa yang Tidak Bisa Dipercaya di Pertemanan Anda

Ilustrasi. (f:ist/mistar)

MISTAR.ID

Dalam lingkaran pertemanan selalu ada seseorang yang membuat Anda merasa tidak nyaman dan selalu membuat permasalahan dalam komunitas Anda lewat sikap dan tingkah laku yang selalu mereka tunjukkan. Nah, bagaimana dengan sebagian teman yang terlihat baik-baik saja, bersikap manis kepada Anda dan tidak pernah membuat masalah dalam pertemanan Anda, tetapi Anda bisa merasa bahwa ada sesuatu yang mereka sembunyikan dan ada rasa tidak bisa mempercayai mereka sepenuhnya meskipun hampir tiap hari Anda berkumpul dengan mereka.

Berikut beberapa cara untuk mengidentifikasi teman yang licik atau tidak dapat dipercaya di lingkaran teman Anda.
1. Mereka selalu dalam kondisi penyangkalan
Jika orang tersebut sepertinya selalu menyangkal tindakannya atau terputus dari perilakunya, maka pasti ada sesuatu yang salah. Mereka mungkin berbicara tentang sesuatu tetapi bertindak sangat berlawanan dengannya. Misalnya, jika mereka mengatakan bahwa mereka mendukung perdamaian dan harmoni tetapi sebaliknya mereka bersikap sombong dengan yang lainnya.

2. Tuduhan konstan
Sekalipun itu masalah kecil, orang-orang seperti itu selalu menuduh orang lain atas keterlambatan mereka dalam suatu pertemuan misalnya. Seseorang yang memiliki kebiasaan seperti ini sangat tidak bisa dipercaya dalam pertemanan. Ia akan selalu mencari kambing hitam dan Anda mungkin bisa jadi korbannya suatu saat.

Baca Juga:Peraturan Tak Tertulis yang Harus Anda Patuhi dalam Pertemanan

3. Kurang empati
Anda akan sering menemukan orang-orang yang kurang berempati dan kurang dalam etika dasar tentang bagaimana menjadi sensitif terhadap seseorang dalam situasi yang sulit. Bagian terburuknya adalah, bahkan jika mereka yang menimbulkan masalah dan sakit hati, mereka bahkan tidak akan meminta maaf atau mengatakan ‘maaf’. Mereka juga tidak cukup menghargai orang lain, untuk menunjukkan sisi sensitif mereka.

4. Tidak menyimpan rahasia
Bahkan mungkin ia sudah bersumpah untuk merahasiakan, kemungkinan besar orang seperti ini yang paling tidak dapat dipercaya dan akan membocorkan rahasia tersebut, tanpa peduli jika itu merusak perasaan atau kehidupan orang lain. Kerahasiaan harus selalu dijaga. Dan orang-orang ini bisa dengan polos mengatakan bahwa mereka mungkin telah memberi tahu hanya kepada satu orang, yang bisa menyebabkan terbentuk siklus yang membuat rahasia itu semakin berkembang jauh.

5. Tidak konsisten
Ketidakpercayaan, inkonsistensi, dan pikiran yang berubah-ubah dan mereka tidak pernah bisa berpegang teguh pada satu hal. Mereka juga memiliki masalah dalam memutuskan keputusan untuk diri sendiri. (ToIFriendship/ja/hm10)