26.8 C
Medan
Wednesday, January 26, 2022
spot_img

Waw! Ternyata Indonesia Penghasil Konten K-Pop Terbanyak di TikTok

Jakarta, MISTAR.ID

Penyebaran konten K-P yang sangat mengglobal di dunia maya terdorong tingkat keranjingan tidak hanya dari kalangan muda, tapi usia dewasa bahkan orang tua. Tapi tahukan anda negara mana yang paling banyak konten K-POP -nya di TikTok?

Berdasarkan data penyebaran konten K-POP, bahwa video K-Pop di TikTok tercatat telah menunjukkan pertumbuhan eksponensial di seluruh dunia selama tiga tahun terakhir.

Jumlah kreasi video K-Pop yang ada di TikTok meningkat tiga kali lipat, dari 33,5 juta di tahun 2019 menjadi 97,87 juta per bulan September 2021.

Baca Juga: Untuk Para Kreator Tiktok, Ini Cara Monetisasi Konten Biar Dapat Duit

Dari jumlah tersebut sebanyak 92,8 persen video berasal dari luar Korea, dan poasar terbesarnya ternyata Indonesia yang membuat video K-Pop sebesar 16,4 persen.

Angka tersebut diikuti oleh Filipina 13,5 persen, Amerika Serikat 8,7 persen, dan bahkan melampaui Korea Selatan yang menempati urutan keempat sebesar 7,2 persen.

Pertumbuhan konten K-Pop yang sangat tinggi di seluruh dunia ini turut dipengaruhi oleh mudahnya penggunaan berbagai fitur di platform TikTok, sehingga semua orang bisa menjadi kreator TikTok.

Baca Juga: Dugaan Pembunuhan Berencana Dibalik Kasus Pria Gantung Diri Saat “Live” di TikTok

Tingginya interaksi seputar K-pop di berbagai negara, mendukung pengguna bukan hanya untuk mendengarkan lagu dan menonton video K-Pop saja, tetapi juga membuat dan berbagi konten K-Pop yang beragam, seperti cover dance, informasi dan berita.

Laporan yang terangkum, ternyata Indonesia merupakan negara penghasil konten seputar K-Pop atau Korean Pop terbanyak.

Hal tersebut terungkap dalam analisis berjudul Infografis 2021 K-pop TikTok, bekerja sama dengan ata fandom dari Space Oddity, K-Pop Radar, yang merangkum tren seputar K-Pop di platform TikTok selama periode2018-2021.

Baca Juga: Tiktok Jadi Aplikasi Terbanyak Diunduh di Dunia

Perwakilan TikTok Korea menyebut bahwa budaya penggemar K-Pop tak berhenti di fase konsumsi saja, melainkan keinginan mengekspresikan lewat konten.

“TikTok telah mengubah budaya konsumsi K-Pop, dimana penggemar K-Pop di berbagai belahan dunia tidak hanya menikmati K-Pop, tetapi jauh lebih terlibat, membuat dan berbagi konten K-Pop,” kata Head of Global Business Development TikTok Korea Jay Bae.

TikTok juga menampilkan tingginya interaksi antara pengguna, artis, dan kreator, melalui fitur Duet, Stitch, dan Reply to a Comment.

Adapun tagar challenge di TikTok telah menjadi alat promosi yang hebat bagi artis K-Pop sejak keberhasilan penyanyi Zico dengan challenge #AnySongChallenge pada awal 2019, berkat kemudahan pengguna untuk menjelajahi berbagai video menarik di For You Page mereka.

Hal ini membuat jumlah tagar challenge seputar K-pop di TikTok melonjak 10 kali lipat dalam tiga tahun terakhir.(antara/CNN/hm02)

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: