26.7 C
Medan
Thursday, September 29, 2022
spot_img

Waw! Ternyata Indonesia Penghasil Konten K-Pop Terbanyak di TikTok

Jakarta, MISTAR.ID

Penyebaran konten K-P yang sangat mengglobal di dunia maya terdorong tingkat keranjingan tidak hanya dari kalangan muda, tapi usia dewasa bahkan orang tua. Tapi tahukan anda negara mana yang paling banyak konten K-POP -nya di TikTok?

Berdasarkan data penyebaran konten K-POP, bahwa video K-Pop di TikTok tercatat telah menunjukkan pertumbuhan eksponensial di seluruh dunia selama tiga tahun terakhir.

Jumlah kreasi video K-Pop yang ada di TikTok meningkat tiga kali lipat, dari 33,5 juta di tahun 2019 menjadi 97,87 juta per bulan September 2021.

Baca Juga: Untuk Para Kreator Tiktok, Ini Cara Monetisasi Konten Biar Dapat Duit

Dari jumlah tersebut sebanyak 92,8 persen video berasal dari luar Korea, dan poasar terbesarnya ternyata Indonesia yang membuat video K-Pop sebesar 16,4 persen.

Angka tersebut diikuti oleh Filipina 13,5 persen, Amerika Serikat 8,7 persen, dan bahkan melampaui Korea Selatan yang menempati urutan keempat sebesar 7,2 persen.

Pertumbuhan konten K-Pop yang sangat tinggi di seluruh dunia ini turut dipengaruhi oleh mudahnya penggunaan berbagai fitur di platform TikTok, sehingga semua orang bisa menjadi kreator TikTok.

Baca Juga: Dugaan Pembunuhan Berencana Dibalik Kasus Pria Gantung Diri Saat “Live” di TikTok

Tingginya interaksi seputar K-pop di berbagai negara, mendukung pengguna bukan hanya untuk mendengarkan lagu dan menonton video K-Pop saja, tetapi juga membuat dan berbagi konten K-Pop yang beragam, seperti cover dance, informasi dan berita.

Laporan yang terangkum, ternyata Indonesia merupakan negara penghasil konten seputar K-Pop atau Korean Pop terbanyak.

Hal tersebut terungkap dalam analisis berjudul Infografis 2021 K-pop TikTok, bekerja sama dengan ata fandom dari Space Oddity, K-Pop Radar, yang merangkum tren seputar K-Pop di platform TikTok selama periode2018-2021.

Baca Juga: Tiktok Jadi Aplikasi Terbanyak Diunduh di Dunia

Perwakilan TikTok Korea menyebut bahwa budaya penggemar K-Pop tak berhenti di fase konsumsi saja, melainkan keinginan mengekspresikan lewat konten.

“TikTok telah mengubah budaya konsumsi K-Pop, dimana penggemar K-Pop di berbagai belahan dunia tidak hanya menikmati K-Pop, tetapi jauh lebih terlibat, membuat dan berbagi konten K-Pop,” kata Head of Global Business Development TikTok Korea Jay Bae.

TikTok juga menampilkan tingginya interaksi antara pengguna, artis, dan kreator, melalui fitur Duet, Stitch, dan Reply to a Comment.

Adapun tagar challenge di TikTok telah menjadi alat promosi yang hebat bagi artis K-Pop sejak keberhasilan penyanyi Zico dengan challenge #AnySongChallenge pada awal 2019, berkat kemudahan pengguna untuk menjelajahi berbagai video menarik di For You Page mereka.

Hal ini membuat jumlah tagar challenge seputar K-pop di TikTok melonjak 10 kali lipat dalam tiga tahun terakhir.(antara/CNN/hm02)

 

 

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Jelang Ajang F1 H2O, Warga Minta Tanah Lapang Sisingamangaraja Tidak Dialih...

Toba, MISTAR.ID Sejak Kabupaten Toba menjadi kandidat tuan rumah penyelenggaraan Formula 1 Boat Race (F1 H2O) yang direncanakan digelar pada Februari 2023 mendatang, pemkab terus...
Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Kisruh UKT dan KIPK Hingga Pemanggilan Rektor Unimed oleh Ombudsman Tuntas

Medan, MISTAR.ID Kisruh Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) di Universitas Negeri Medan (Unimed) hingga berujung pemanggilan Rektor Dr Syamsul Gultom...

Harga Minyak Dunia Kembali Naik

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: