25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Racun Penyebab Kebutaan pada Tanaman Hias Dieffenbachia, Mitos atau Fakta?

MISTAR.ID

Hampir semua orang mengenal Dieffenbachia. Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sering dipilih untuk memperindah lingkungan sekitar rumah. Lalu, apakah benar racun pada tanaman ini bisa menyebabkan kebutaan?

Di balik segarnya warna hijau pada daun Dieffenbachia, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa tanaman dari keluarga Arraceae ini beracun.

Racun Dieffenbachia bahkan dianggap dapat menimbulkan kebutaan bahkan sampai kematian. Lantas benarkah anggapan tersebut? Yuk kita cari tahu mitos atau fakta racun dalam Dieffenbachia.

Baca Juga:Ini Dia Tanaman Hias Bonsai Seharga Rp18 Miliar!

Melansir dari penelitian Oxford plant 400 Hundred di Universitas Oxford Departemen ilmu tanaman, Rabu (18/8/21) getah Dieffenbachia memang mengandung kalsium oksalat yang bersifat membawa racun, terutama jika tertelan atau terkena mata.

Namun, sebenarnya akibat dari infeksi kalsium oksalat tidak separah apa yang disebutkan sebelumnya. Melansir dari Afrika Check, seorang apoteker dan spesialis di bidang racun dan National Capital Posion Center di Washington DC bernama dr Lindsay Liu mengatakan bahwa mayoritas orang yang terkena racun Dieffenbachia hanya menimbulkan gejala ringan.

Gejala ini dapat ditangani dengan membilas mulut dengan cara meminum air putih atau susu untuk menetralisir racun yang ada. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika kalsium oksalat pada Dieffenbachia dapat menyebabkan pembengkakan hingga sulit bernapas, namun hal ini sangat jarang terjadi.

Tetapi jika hal ini terjadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter.

Baca Juga:30 Ha Tanaman Padi di Sei Balai Terancam Gagal Panen Akibat Terendam Banjir

Lalu, bagaimana dengan kebutaan?

Sampai saat ini, dr Lindsay Liu belum pernah menemui kasus kebutaan akibat getah Dieffenbachia. Getah yang mengenai mata biasanya hanya menyebabkan hilangnya pengelihatan sementara dan pembengkakan kelopak mata.

Oleh karena itu, ketika getah Dieffenbachia mengenai mata, segera bilas dengan air bersih selama 15 menit, dan bawa ke dokter jika keadaan tidak kunjung membaik. Selain sakit mata, getah Dieffenbachia juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Namun sampai saat ini belum pernah ditemukan adanya kasus kebutaan apalagi kematian.

Demikian informasi mengenai racun Diffenbachia, faktanya memang benar getah tanaman hias ini mengandung racun. Namun sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus kebutaan apalagi kematian.

Baca Juga:Jenis Tanah Baru yang Bisa ‘Menyiram’ Tanaman Secara Mandiri

Di samping itu, untuk meminimalisir penyebaran racun Dieffenbachia, kamu dapat menggunakan sarung tangan ketika merawatnya dan pastikan tidak menelan atau mengucek mata saat melakukan perawatan. (suara/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: